Rohul Siapkan 2000 Hektar Lahan Untuk Tanaman Kedelai

Rohul Siapkan 2000 Hektar Lahan Untuk Tanaman Kedelai
Pandu Tani Indonesia (PATANI) Provinsi Riau komitmen dalam mensukseskan program pemerintah di sektor swasembada pangan dan ketahanan pangan yakni tan

PASIRPENGARAIAN (RA) - Tahun 2016 ini, ditargetkan akan dilakukan penanaman kacang kedelai di 2000 hektar lahan, yang tersebar di 13 Kecamatan dari 16 kecamatan se-Rohul. Tanaman Kacang Kedelai tersebut saat ini sudah terealiasasi 50 persen.

Hal itu dikatakan Bupati Rohul, Drs H Achmad M,Si, yang juga Ketua Kanwil Pandu Tani Indonesia (Patani), Kamis (7/4), saat ikut menanam kedelai, bersama belasan petani yang tergabung di Kelompok Tani, Bareng Tani, di Desa Rambah Tengah Utara (RTU), Kecamatan Rambah, yang dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Mubrizal SP, serta para kepala dinas lainnya, kepala badan dan kantor.

Bupati mengatakan, untuk luas lahan yang akan ditanami kacang Kedelai di Rohul seluas 2000 hektar. Sedangkan untuk di Desa RTU, ada sekitar 25 hektar. “Kita kerjasama dengan pihak kelompok tani, dimana kedelai untuk tingkatkan hasil pertanian mereka, dan kita sebagai Patani tentunya harus berbuat untuk petani, sehingga kita gelar aksi tanam kedelai,” tegas Bupati.

Tambah Bupati lagi, kacang kedelai memiliki pasar yang bagus. Karena sekitar 70 persen kacang kedelai masih dinpor dari luar negeri, sehingga pihaknya berupaya meningkatkan hasil produksi tanaman kedelai petani di Rohul.
“Untuk meningkatkan produksi tanaman kacang kedelai, kita akan menggunakan pupuk mikro Google, dimana, pupuk ini dapat tingkatkan hasil produksi,” tegasnya.

Bila dalam sehektar petani dapat hasilakan 1 ton kedelai, maka dengan menggunakan pupuk mikro Google petani kedelai akan mendapatkan hasil produksi 3 ton per hektarnya. Sehingga, Patani akan menerapkan pupuk mikro Google untuk meningkatkan hasil panen di Rohul maupun di Provinsi Riau.

“Bila hasilnya lebih banyak, maka tentunya swasembada yang menjadi program pemerintah bisa berhasil dan sukses. Sehingga kita terus ada bagi para petani,” janji Bupati Achmad. (Humas)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index