Walikota Dumai Buka Kegiatan Diklat Bagi Pencari Kerja

Walikota Dumai Buka Kegiatan Diklat Bagi Pencari Kerja
Walikota Dumai H. Zulkifli As mengalungi tanda pengenal kepada peserta pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Kota Dumai

DUMAI (RA) - Kegiatan pendidikan dan keterampilan (Diklan) bagi pencari kerja program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang digelar oleh Disnakertrans Kota Dumai, dibuka secara resmi oleh Walikota (Wako) Dumai H. Zulkifli As di ruang Ballroom Melaka Hotel Comfort Dumai, Rabu 6 April 2016.

Walikota Dumai H. Zulkifli As sangat menyambut baik dengan digelarnya kegiatan pendidikan dan keterampilan bagi pencari kerja program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Kota Dumai ini.

"Hal ini dilaksanakan tentunya akan memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi pencari kerja yang diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Dumai," ujarnya.

Untuk itu, Walikota minta kepada peserta pendidikan dan keterampilan agar memanfaatkan moment ini sebaik mungkin. "Adik-adik pantas bersyukur karena dari sekian ribu pencari kerja di Kota Dumai, adik-adik diberikan berkesempatan untuk mengikuti pendidikan dan keterampilan ini. Seraplah ilmu yang diberikan dengan sebaik mungkin dan jangan setenggah hati, dan adik-adik harus yakin dan percaya pada diri sendiri. Insya Allah, apa yang diusahakan akan tercapai dengan baik," pesan Zul As.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai H. Amiruddin mengatakan, kegiatan pendidikan dan keterampilan ini diikuti sebanyak 112 orang perserta. Peserta merupaka warga Dumai yang berasal dari dari 7 (Tujuh) kecamatan yang ada.

"Adapun kegiatan pendidikan dan keterampilan yang dilaksanakan terdiri 6 paket yang terdiri Welder, Boiler, Instalasi Listrik, Salon, Bordir dan Menjahit. Masing-masing paket pelatihan ini diikuti sebanyak 16 orang peserta,"sebutnya.

Dikatakan Amiruddin, untuk kegiatan pelatihan menjahit dan bordir dilaksanakan di Rumah Terampil Kecamatan Dumai Barat dan Rumah Terampil di Kecamatan  Bukit Kapur. Sedangkan pelatihan lainnya dilaksankan di Rumah Terampil dilingkungan kantor Disnakertrans Jalan Kesehatan Dumai Timur.

"Kegiatan yang didanai melalui APBD Dumai tahun 2016 ini, diharapkan bisa menungjang program, visi dan misi Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dengan dilaksanakannya pendidikan dan keterampilan ini kita dapat mempersiapkan tenaga-tenaga skill dan terampil dan akhirnya mampu bersaing dengan pekerja asal luar Kota Dumai. Tidak hanya itu, setelah lulus dari pendidikan dan keterampilan ini nanti kita bisa membuka usaha secara mandiri," paparnya.

Seperti diketahui, Dumai sebagai kota industri banyak membutuhkan tenaga kerja dan tentu tenaga kerja tersedia harus sesuai pula dengan kebutuhan perusahaan. Dan peserta yang lulus dalam pendidikan ini nanti dapat mengisi lapangan kerja yang tersedia di perusahaan.

"Maka dari itu, diharapkan pelatihan ini bisa mampu mendorong program pengetasan kemiskinan dan pengangguran di Dumai,"kata Amiruddin.

Laporan : YUS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index