Menhub Jonan resmi turunkan tarif angkutan umum, ini daftarnya

Menhub Jonan resmi turunkan tarif angkutan umum, ini daftarnya
menhub

NASIONAL (RA) -  Kementerian Perhubungan secara resmi menurunkan tarif angkutan umum kelas ekonomi, yang akan berlaku mulai Kamis (7/4) mendatang. Penurunan tarif dilakukan menyusul turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar awal bulan ini.

Dalam Surat Edaran Nomor SE 15 Tahun 2016 tentang Penyesuaian Tarif Angkutan Umum Kelas Ekonom tertanggal 1 April 2016, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta kepada seluruh Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk segera melakukan penyesuaian tarif sesuai dengan kewenangannya, yaitu untuk melakukan penyesuaian tarif pada angkutan penumpang antarkota dalam provinsi kelas ekonomi, angkutan perkotaan dan angkutan pedesaan serta angkutan penyeberangan lintas antar Kabupaten/Kota dalam Provinsi dan lintas dalam kabupaten/Kota.

Adapun penurunan tersebut terdiri atas tarif angkutan penumpang umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kelas Ekonomi yang turun sebesar 3,5 persen. Selain itu, Jonan juga menurunkan tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Provinsi turun 3,38 persen.

"Persentase penurunan tarif pada angkutan AKAP (3,5 persen) dan Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Provinsi (3,38 persen), menjadi acuan Pemerintah Daerah dalam memberlakukan penyesuaian tarif," bunyi surat edaran itu seperti dikutip dari situs Setkab di Jakarta, Senin (4/4).

Penurunan tarif dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan daya beli masyarakat setempat serta aspek keselamatan dan pelayanan transportasi.

Selain Angkutan Umum AKAP dan Penyeberangan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 38 Tahun 2016 tentang Tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonom, Kemenhub juga menurunkan tarif Angkutan Laut, yang berlaku terhitung sejak tanggal 1 Mei 2016.

Terdapat sekitar 2.900 trayek Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonomi yang mengalami penyesuaian tarif. Di antaranya adalah trayek Tanjung PriokSurabaya dari Rp 225.000, turun menjadi Rp 219.000. Kemudian trayek KupangLabuan Bajo dari Rp 208.000 turun menjadi Rp 202.000. Tak hanya itu, Jonan juga menurunkan tarif trayek SurabayaMakassar dari Rp 258.000 turun menjadi Rp 251.000.

Menhub Iganisius Jonan berharap, dengan penyesuaian tarif tersebut dapat mengurangi beban biaya transportasi masyarakat dan juga meningkatkan efisiensi distribusi logistik nasional.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index