KPU Riau Mengubah Jadwal Debat Paslon Gubernur Riau 2024 Menjadi 29 Oktober

mr
Senin, 28 Oktober 2024 | 05:24:26 WIB
KPU RIAU

PEKANBARU (RA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengumumkan perubahan jadwal debat kandidat untuk Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024. Semula dijadwalkan pada 27 Oktober, debat ini akan berlangsung pada 29 Oktober 2024. 

Keputusan ini diambil dengan tujuan menyesuaikan tayangan dengan waktu "prime time" di Kompas TV, yang merupakan permintaan dari beberapa pasangan calon. 

Acara ini akan berlangsung di SKA Co-Ex Pekanbaru pada pukul 19:00 hingga 21:00 WIB.

"Karena kita menyesuaikan dengan prime time Kompas TV. Itu pun atas permintaan Paslon, maka kita geser pada hari Selasa, 29 Oktober pukul 19:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB," jelas anggota KPU Riau, Nugroho Notosusanto, pada Minggu (27/10/2024) kemarin.

Tema yang akan dibahas dalam debat pertama ini adalah “Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Pembangunan Daerah yang Inklusif.” Berbeda dengan debat Capres yang sering kali mengkhususkan pertanyaan untuk calon presiden dan wakil presiden secara terpisah, kali ini para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan menerima pertanyaan secara bergantian dan tidak dibedakan.

KPU Riau juga menetapkan aturan ketat bagi pendukung pasangan calon yang hadir di lokasi debat, guna menghindari potensi bentrok seperti yang sempat terjadi pada acara pencabutan nomor urut Paslon sebelumnya. Setiap Paslon hanya diizinkan membawa maksimal 75 pendukung, dan pendukung tidak diperbolehkan membawa atribut yang terkait dengan pasangan calon mereka.

Untuk memastikan keamanan, KPU Riau akan melibatkan lebih banyak personel kepolisian dibandingkan saat acara pencabutan nomor urut. "Jumlahnya saya belum dapat berapa personel, namun lebih banyak dari saat acara pencabutan nomor urut," ujar Nugroho. Langkah ini diambil sebagai upaya menjaga ketertiban dan keamanan, terutama dengan kehadiran para pendukung dari tiga pasangan calon yang mengikuti debat.

Pasangan Calon yang Akan Mengikuti Debat

Debat perdana ini akan diikuti oleh tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, yaitu:

1. Nomor urut 1 - Abdul Wahid dan SF Hariyanto,

2. Nomor urut 2 - M. Nasir dan Muhammad Wardan,

3. Nomor urut 3 - Syamsuar dan Mawardi M. Saleh.

Debat berikutnya dijadwalkan pada 17 November 2024 dan akan disiarkan secara langsung di TVRI. Masyarakat yang ingin menyaksikan debat perdana dapat menyaksikannya secara langsung melalui kanal YouTube KPU atau melalui siaran Kompas TV mulai pukul 19:00 WIB.

Tags

Terkini

Terpopuler