Survei SeMAR’T POLITIKA: Duet Kelmi-Asparaini Paling Tinggi di Rohul

Ahad, 27 Oktober 2024 | 16:19:28 WIB
Direktur Semart Politica saat memaparkan hasil Survei Pilkada Rohul 2024.

PEKANBARU (RA) - Seandainya Pilkada Rohul dilaksanakan hari ini, makanya Paslon Kelmi Amri-Asparaini Rasyad adalah pemenangnya. Tercatat Paslon nomor urut 1 ini mengungguli paslon lainnya dengan perolehan angka 38,2 persen lebih.

Hal ini ditegaskan Direktur Semart Politica, Eko Widdiono saat merilis hasil surveinya terhadap Paslon Bupati Rohul yang berlaga pada Pilkada 2024 disalah satu hotel berbintang, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, Ahad (27/10).

Menurut Eko, tingginya elekbilitas Paslon Kemli-Asparaini ini karena didukung tokoh agama serta andalnya Kelmi dalam berpolitik. Bahkan sebahagian besar masyarakat Rohul juga sudah mengenali paslon ini.

Menurut Edi yang pernah bergabung dengan Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Network) ini, adapun metode survei yang dilakukan, jelas Eko, adalah wawancara tatap muka dengan 600 responden di Kabupaten Rohul yang berusia 17 tahun keatas dan survei dimulai pada 14-20 Oktober 2024 dengan margin error 4,1 persen.

Sementara elektabilitas tertinggi kedua adalah Paslon Bupati Anton-Sarifuddin Poti sebesar 23,5 persen, lalu Indra Gunawan-Abdul Haris, 8,7 persen, selanjutnya Paslon Bupati Rohul, Erizal-Rusli, 6,8 persen dan terakhir Murnis-Syamsurizal sebesar 6,0 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sekitar 16,8 persen.

Sedangkan survei tingkat kesukaan terhadap Paslon Bupati, Kelmi - Asparaini juga masih unggul dengan angka 80,2 persen, Anton-Safaruddin Poti, 64,8 persen, Erizal-Rusli, 47,0 persen, Indra Gunawan-Abdul Haris, 46,3 persen dan Murnis-Syamsurizal 41,3 persen.

''Survei ini masih hangat dan belum disampaikan ke pihak manapun, kita juga lembaga netral dan level nasional survei ini tidak berdasarkan pesanan ataupun netralitasnya sangat kita jaga dengan tinggi,'' ucapnya.

Edi menjelaskan, Semart Politica adalah lembaga survei dan konsultan politik yang didirikan oleh sejumlah peneliti senior dan manajer pemenangan lapangan yang sudah lama berkecimpung dalam pendampingan Pemilu dan Pilkada di Indonesia semenjak tahun 2008 melalui Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Network). Lembaga survei ini juga sudah tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi).

Terkini

Terpopuler