Bupati Rokan Hulu Terima Penghargaan Puskesmas Terbaik Kategori Pedesaan dari Kemenkes

Selasa, 22 Oktober 2024 | 12:02:08 WIB
Bupati Rokan Hulu Terima Penghargaan Puskesmas Terbaik Kategori Pedesaan

JAKARTA (RA) – Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, menerima penghargaan bergengsi atas komitmen pelayanan kesehatan primer yang diberikan kepada Puskesmas Kunto Darussalam. Puskesmas tersebut dinobatkan sebagai Puskesmas Pedesaan dengan pelayanan terbaik se-Indonesia oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes). 

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, pada acara pemberian penghargaan dan peluncuran pedoman kerja Puskesmas bertema "Transformasi Puskesmas Menuju Indonesia Emas 2045," yang berlangsung di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pentingnya revitalisasi Puskesmas dalam mengikuti perubahan demografi dan perkembangan teknologi di Indonesia. 

"Pedoman kerja Puskesmas yang pertama kali diciptakan pada tahun 1974 telah mengalami beberapa kali revisi, dan sekarang kembali disesuaikan dengan perubahan profil demografi dan epidemiologi Indonesia," jelas Menkes Budi.

Menkes juga menyoroti perubahan pola layanan kesehatan primer di Puskesmas, di mana jumlah lansia yang membutuhkan layanan kesehatan meningkat signifikan, berbeda dengan era sebelumnya yang lebih didominasi oleh balita.

Pada kesempatan yang sama, Kemenkes juga meluncurkan pedoman kerja Puskesmas terbaru yang terbagi dalam lima klaster, mencakup manajemen, kesehatan ibu dan anak, kesehatan dewasa dan lansia, penanggulangan penyakit menular, kesehatan lingkungan, serta pedoman lintas klaster dan Puskesmas pembantu (Pustu).

Puskesmas Kunto Darussalam Raih Penghargaan Nasional

Puskesmas Kunto Darussalam berhasil meraih penghargaan sebagai Puskesmas Pedesaan Terbaik dari 4.647 puskesmas se-Indonesia. 

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati H. Sukiman, didampingi oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, Adkha Dartini, SST, M.M., dan Kepala Puskesmas Kunto Darussalam, Ns. Rika Fitri Yanti, S.Kep, M.KM.

Bupati Sukiman mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian Puskesmas Kunto Darussalam. 

"Selamat kepada Puskesmas Kunto Darussalam yang telah berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, sehingga meraih penghargaan sebagai Puskesmas Pedesaan terbaik di Indonesia," ucapnya.

Ia juga berharap penghargaan ini dapat memotivasi puskesmas lain di Rokan Hulu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. 

"Saya harap Puskesmas Kunto Darussalam tidak berhenti di sini, tetapi terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memotivasi puskesmas lainnya untuk mengikuti jejak ini," tambah Bupati Sukiman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu yang diwakili oleh Adkha Dartini menyatakan bahwa pencapaian Puskesmas Kunto Darussalam adalah hasil dari pembinaan intensif yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada 23 Puskesmas di Rokan Hulu. 

Ia menjelaskan bahwa Integrasi Layanan Primer (ILP) di Rokan Hulu telah diluncurkan pada 9 September 2024, sebagai bagian dari transformasi pelayanan kesehatan.

Adkha juga menambahkan bahwa penilaian terhadap Puskesmas ILP terbaik dilakukan secara daring oleh Kementerian Kesehatan pada 7 Oktober 2024, dan hasilnya diumumkan pada 16 Oktober 2024. 

"Ini adalah wujud nyata dari pembinaan menyeluruh yang melibatkan lintas sektor, hingga tingkat desa dan kader posyandu, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan," jelasnya.

Tags

Terkini

Terpopuler