Berapa Durasi Ideal Jalan Kaki Setiap Hari Biar Badan Tetap Sehat dan Bugar?

Kamis, 11 Juli 2024 | 07:19:20 WIB
Berapa durasi ideal jalan kaki? (Foto: Freepik.com)

Riauaktul.com - Jalan kaki adalah bentuk olahraga serbaguna yang telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari bagi banyak orang. Aktivitas fisik ini paling mudah dilakukan oleh berbagai kalangan, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang populer dan praktis.

Banyak dari kita yang menghitung durasi berjalan dalam hitungan menit atau kilometer setiap hari. Padahal, terdapat durasi ideal yang dapat membantu seseorang mencapai kesehatan optimal melalui jalan kaki.

Dengan durasi ideal ini, seseorang dapat menjadikannya sebagai patokan saat melakukan aktivitas fisik tersebut. Dengan demikian, seseorang tidak perlu lagi menghitung waktu secara detail setiap kali berjalan kaki.

Melansir dari Times Entertainment pada Kamis (11/7/2024), durasi ideal jalan kaki setiap hari dapat bervariasi berdasarkan tujuan kesehatan individu, tingkat kebugaran, dan faktor gaya hidup.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara optimal, disarankan untuk melakukan jalan kaki dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Berdasarkan pedoman dari otoritas kesehatan seperti American Heart Association dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jumlah durasi ini setara dengan sekitar 150 menit per minggu.

Selanjutnya, memulai jalan kaki dengan singkat selama 20-30 menit dan secara bertahap meningkatkan durasi serta intensitasnya, dapat membantu membangun stamina hingga mencegah cedera.

Untuk itu, individu yang telah aktif dapat memperoleh manfaat dari jalan kaki yang lebih lama, misalnya 45-60 menit atau lebih, yang mungkin menggabungkan interval atau segmen dengan kecepatan lebih cepat untuk meningkatkan tantangan.

Bahkan, American Heart association merekomendasikan untuk aktif setidaknya 300 menit atau sekitar lima jam per minggu untuk mendapatkan lebih banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh.

1. Kesehatan Jantung

Jalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan detak jantung, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol.

2. Manajemen Berat Badan

Jalan kaki dapat membakar kalori dan berkontribusi terhadap penurunan atau pemeliharaan berat badan jika dikombinasikan dengan diet seimbang.

3. Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Selanjutnya, jalan kaki dapat memperkuat otot kaki, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan stamina secara keseluruhan.

4. Kesehatan Mental

Selain itu, jalan kaki juga dapat melepaskan endorfin, mengurangi stres, kecemasan, dan depresi sekaligus meningkatkan suasana hati positif dan fungsi kognitif.

Namun, kunci untuk mendapatkan manfaat jalan kaki terletak pada konsistensi, kemajuan bertahap, dan mendengarkan sinyal yang diberikan oleh tubuh.

Namun, perlu diingat untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli kebugaran agar dapat memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan status dan tujuan kesehatan individu.

Dengan menjadikan jalan kaki ke dalam rutinitas sehari-hari dan menyesuaikan durasinya berdasarkan kebutuhan pribadi, individu dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Terlebih lagi, jika jalan kaki digabungkan dengan bentuk olahraga lain dapat mencapai rutinitas kebugaran menyeluruh, termasuk kekuatan, kleksibilitas, dan kebugaran aerobik.

 

 

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Terpopuler