Hati-Hati Hanya 152 Depot Air Isi Ulang Berizin di Pekanbaru

Senin, 09 Februari 2015 | 11:15:56 WIB
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Masyarakat Pekanbaru harus berhati-hati dalam membeli dan mengkonsumsi air bersih dari depot air minum isi ulang yang ada di Pekanbaru. Sebab sebagian besar depot di Pekanbaru belum memiliki rekomendasi dari Dinas Kesehatan Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Helda S Munir melalui Penanggungjawab Sanitarian Terampil, Tatik Suptiyanti, mengatakan, dari data tahun lalu diketahui dari 526 depot air minum yang beroperasi di Pekanbaru, hanya 152 yang mengantongi rekomendasi dari Diskes.

Dia mengatakan, pihaknya tidak tahu kenapa para pengelola depot air tersebut tidak mengurus rekomendasi tersebut. Padahal dari Dinas Keseharan rutin setiap tahun sekali melakukan sosialisasi kepadfa pengelola depot. Namun kewajibannya belum juga dilaksanakan.

Dikatakannya, untuk mendapatkan rekomendasi Diskes itu banyak persyaratan yang harus dipenuhi para pengelola depot air, diantaranya uji kelayakan melalui sampel air yang belum disterilkisasi. Kemudian dkiuji kelayakan air yang akan diminum, apakah mengandung Bakteri E.Coli atau tidak.

"Air minum tidak boleh mengandung bakteri E.Coli karena dapat berbahaya bagi kesehatan. "Jika syarat-syarat ang telah ditetapkan tersebut sudah dipenuhi, maka kami akan secepatnya mengeluarkan surat rekomendasidari Diskes," jelasnya.

Para pengelola depot air yang sudah mendapatkan surat rekomendasi diminta untuk dipajang pada dinding tempat usahanya. Ini dimaksudkan agar pelanggan dapat melihatnya, sehingga tidak was-was lagi untuk mengkonsumsi air yang dihasilkan.

Masyarakat yang peduli akan kesehatan tentu saja tidak akan sembarangan membeli air minum di depot-depot. Mereka tentunya hanya ingin mengkonsumsi air dari depot yang telah memiliki rekomendasi dari Diskes.

Terkini

Terpopuler