Tak Hanya Nyeri Dada, Kenali Juga 5 Tanda Jantung yang Nggak Sehat

Kamis, 22 September 2022 | 08:19:02 WIB
Nggak Hanya Nyeri Dada, Kenali Juga 5 Tanda Jantung yang Nggak Sehat. ©Shutterstock

Riauaktual.com - Sebagai organ penting yang mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh, kesehatan jantung jelas jadi hal utama yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya, bagian tubuh inilah yang berperan untuk memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh. Jika kondisinya bermasalah, tentu bisa mengakibatkan kinerjanya terganggu, yang kemudian mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jadi, penting untuk terus memantau kesehatan jantung dan menjaganya lewat olahraga secara rutin. Jangan lupa kenali juga tanda awal jantung bermasalah. Ternyata, gejala kondisi jantung yang nggak sehat itu bukan hanya ditandai dengan nyeri di bagian dada saja. Beberapa gejala ini juga wajib diwaspadai.

Nyeri Dada Menjalar hingga Berdebar

Salah satu tanda umum kalau jantung bermasalah adalah nyeri dada yang terasa menjalar. Rasa nyeri yang datang ini sifatnya mirip seperti benda berat yang menekan di dada sebelah kiri sehingga terasa sesak dan sakit. Nyeri dada akibat jantung biasanya terasa menjalar ke lengan kiri, leher, atau rahang. Nggak jarang juga rasa nyeri ini menembus hingga ke punggung.

Selain itu, kondisi dada yang berdebar juga sering dialami oleh mereka yang mengalami masalah jantung. Saat kondisi jantung bermasalah, gangguan irama jantung atau yang disebut aritmia juga ikut menjadi gejala yang menyertai. Pada kondisi ini, biasanya dada akan terus berdebar kencang tanpa sebab yang pasti.

Mudah Merasa Lelah

Sering mengalami rasa lelah secara terus-menerus padahal nggak melakukan aktivitas berat? Saatnya lebih waspada karena hal ini bisa jadi tanda jantung berada dalam kondisi yang nggak prima. Secara umum, jantung bekerja memompa darah dan memberikan suplai oksigen ke semua sel di dalam tubuh.

Rasa lelah yang sering dialami bisa jadi tanda kalau tubuh nggak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, karena jantung tidak bekerja memompa darah dengan baik. Selain itu, kinerja jantung yang kurang optimal juga bisa membuat darah menumpuk di salah satu organ tubuh, misalnya saja paru-paru. Menumpuknya cairan di paru-paru jelas mengurangi oksigen yang dihirip untuk dialirkan oleh darah.

Kaki Bengkak

Sering nggak sih memperhatikan kondisi kaki? Apakah terlihat normal atau malah membengkak tanpa tahu penyebabnya? Kalau keadaannya membengkak di daerah punggung kaki, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli dan berpengalaman.

Kondisi bengkak tersebut nggak hanya bisa terjadi pada punggung kaki saja. Tapi ada juga yang menyerang area pergelangan, hingga betis. Hal tersebut disebabkan penumpukan cairan pada sebagian tubuh tertentu.

Keringat Berlebih

Padahal cuaca lagi nggak panas dan tidak melakukan aktivitas berat, tapi kok mengeluarkan keringat berlebih ya? Nah, tahu nggak sih kalau hal ini bisa jadi tanda kesehatan jantung sedang dalam kondisi yang kurang prima? Yup, keringat yang muncul terus-menerus bisa jadi gejala awal adanya gangguan jantung.

Jika sudah mengalami hal ini sebaiknya segera waspada karena bisa jadi sinyal serangan jantung akan muncul. Segera konsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat demi kesehatan yang tetap terjaga.

Saatnya mulai memperhatikan kesehatan jantung, mengingat organ tubuh yang satu ini merupakan kunci dari tubuh sehat secara menyeluruh. Olahraga rutin dan perhatikan pola makan sehari-hari menjadi awal dari menjaga kesehatan jantungmu.

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Terkini

Terpopuler