Suntik Ratusan Hewan Ternak, Distankan Pekanbaru Temukan Gejala Klinis PMK

Senin, 01 Agustus 2022 | 12:07:22 WIB
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru sudah suntik vaksin Penyakit Menular dan Kuku (PMK) ke 290 hewan ternak. Mayoritas ratusan hewan ternak ini juga sudah mendapat suntik dosis dua atau booster. 

Masih ada sekitar 210 dosis vaksin lagi tersisa pasca mendapat pasokan tambahan 500 dosis pada awal pekan lalu. Jumlah vaksin PMK saat ini masih sangat terbatas dibandingkan jumlah hewan ternak yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Vaksin kita terbatas. Semalam vaksin diprioritaskan untuk dosis dua atau booster," ujar Kepala Distankan Pekanbaru M Firdaus, melalui Kabid Peternakan Herlandria, Senin (1/8/2022). 

Menurutnya, jarak pemberian vaksin dosis I ke dosis II pada hewan ternak hanya satu bulan. Jika tidak vaksin akan di ulang untuk suntikan dosis I. Ia mengaku, pihaknya telah melakukan pemantauan ke 4.000 lebih hewan ternak yang ada di Pekanbaru. 

Mereka juga menemukan beberapa hewan ternak pada peternak yang ada di Kecamatan Tenayan Raya memiliki gejala klinis PMK. Setelah ditelusuri peternak ini mendatangkan hewan ternak dari luar daerah Provinsi Riau. 

"Kalau hewan ternak kelompok kita alhamdulillah tidak ada terpapar PMK. Ada yang masuk dari Kuansing, Sumbar," ulasnya. 

Namun, setelah dilakukan uji laboratorium hewan ternak yang memiliki gejala klinis PMK tersebut dinyatakan negatif. Ia menyebut suatu daerah dikatakan daerah wabah PMK ketika hasil pemeriksaan sampel laboratorium dinyatakan positif. 

Terkini

Terpopuler