Buka Vaksinasi Massal di SMUN 2 Siak Hulu, Gubri Ingatkan Masyarakat jangan Lengah Prokes

Sabtu, 20 November 2021 | 11:10:25 WIB
Gubernur Riau Syamsuar

Riauaktual.com - Vaksinasi massal yang digelar di SMU Negeri 2 Siak Hulu Sabtu (20/11/2021) berjalan sukses. Antusias masyarakat sangat tinggi untuk datang ke lokasi acara serta mengikuti vaksinasi yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut.

Tak hanya vaksinasi massal, di lokasi acara juga disiapkan beberapa layanan konsultasi kesehatan. Mulai dari konsultasi mata, kehamilan dan lain sebagainya.

Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan vaksinasi massal dan juga bakti sosial merupakan momen yang betul-betul harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Guna mengetahui kondisi kesehatan dan sebagai upaya mendeteksi dini dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Meskipun Covid-19 mulai menurun, namun program vaksinasi masih terus berjalan sebagai upaya mencegah menularnya wabah Covid-19," ujar Syamsuar, Sabtu (20/11/2021).

Selain itu, masyarakat juga diingatkan agar tidak cuek dan abai akan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan di beberapa negara lain seperti Singapura, Inggris justru sedang terjadi gelombang ketiga.

"Kita tak boleh cuai dan tak boleh abai, Covid-19 masih ada. Ingat kalau kita tidak disiplin tunggulah waktunya, jangan salahkan kami. Karena itu saya ingatkan kembali tetap prokes minimal selalu pakai masker," ungkapnya.

Ia berpesan masyarakat agar tetap waspada, terlebih ke depan ada momen libur panjang Natal dan Tahun Baru agar tidak berlebihan euforianya, menahan diri untuk bepergian. 

Ia berpesan masyarakat tetap harus menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,  hindari kerumunan, mencegah mobilitas interaksi)  dalam aktifitas.

"Perayaan Natal kemudian juga ada libur panjang. Hal tersebut harus diantisipasi, kesadaran dibutuhkan bahwa Covid-19 belum berakhir," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir dalam laporannya mengatakan, vaksinasi massal yang digelar di SMUN 2 Siak Hulu ini untuk menjaring warga pinggiran yang masih banyak belum divaksin.

"Vaksinasi ini selain menyasar siswa di SMUN 2 juga masyarakat seputaran Kampar yang tingkat vaksinasinya masih rendah di bawah 40 persen," katanya.

Ia mengatakan Diskes sudah menyiapkan 1.000 dosis untuk vaksinasi kali ini. "Kita berharap ini tercapai bahkan lebih karena antusias masyarakat dan siswa sangat tinggi," katanya.

Dalam rangka HKN  ke- 57 Diskes  Riau memiliki beberapa rangkaian kegiatan seperti simposium atau seminar, bhakti sosial  di SMU Negeri 2 Siak Hulu Jalan Kubang Raya dalam rangka meningkatkan pelayanan spesialistik kepada masyarakat. Selain itu ihaknya juga melaksanakan pelayanan kesehatan bergerak.

"Nanti pada 26 - 29 November kita juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial di Rokan IV Kota tepatnya di Desa Simpang Kiri Hilir. Kita  juga akan melakukan pelayanan spesialistik di sana," sebut Mimi.

Selain vaksinasi massal, Pemprov juga memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan teladan, SDM kesehatan berprestasi di Rumah Sakit Pemerintah Kab/Kota, Institusi/Lembaga, Komunitas dan Relawan Covid-19, serta media massa yang turut membantu dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau tahun 2021. Termasuk OJK dan Perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang menjadi perusahaan pertama kali melaksanakan vaksinasi gotong royong di Provinsi Riau.

Terkini

Terpopuler