Indonesia Masuk Kedalam Daftar Negara Paling Banyak Utang, Netizen: Cie Masuk Top GLOBAL!

Kamis, 15 Oktober 2020 | 17:00:06 WIB
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Baru-baru ini Kementerian Keuangan menanggapi laporan tentang utang Indonesia. Kementerian Keuangan menilai utang Indonesia masih relatif kecil dibandingkang dengan negara anggota G20.

Hal itu dikarenakan pemerintah telah sebaik mungkin mengelolanya dengan hati-hati dan akuntabel.

“Pemerintah mengelola utang dengan prinsip kehati-hatian (pruden) dan terukur,” kutipan tertulis dilansir dari laman ANTARA, Rabu (14/10/2020).

Pada paparan perbandingan terlihat utang Indonesia di antara negara-negara lain terhitung besar karena ekonomi Indonesia masuk dalam kelompok negara G-20 pada urutan ke-16.

Menurut Kementerian Keuangan, dengan ekonomi yang besar maka utang pemerintah yang tanpa BUMN dan swasta masih relatif rendah yakni 29,8 persen pada Desember 2019.

Bukan hanya itu saja Kementerian Keuangan juga menyebutkan, jika dilihat dari daftar 10 negara maka posisi Indonesia jauh di bawah negara lain yang sebagian besar utang pemerintahnya di atas 50 persen.

Negara-negara tersebut yakni China 46,8 persen, Brazil 76,5 persen, India 68,3 persen.

Rusia 13,5 persen, Mexico 46 persen, Turkey 30,4 persen, Indonesia 29,8 persen, Argentina 86 persen, Afrika Selatan 56,7 persen, dan Thailand 41,2 persen.

Merujuk pada publikasi bersama Kemenkeu dan BI, yaitu Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) maka utang LN Indonesia terdiri dari ULN pemerintah pusat, BUMN dan swasta.

Posisi ULN pemerintah pusat hingga Desember 2019 sebesar 199,88 miliar dolar AS atau hanya 49 persen dari total ULN Indonesia.

Kemenkeu menjelaskan data publikasi IDS Bank Dunia didasarkan pada data SULNI tersebut.

Dibalik Indonesia yang masuk dalam daftar negara paling banyak hutang, bukan netizen Indonesia namanya jika tidak ikut berkomentar terkait hal ini.

“Cie masuk top GLOBAL” ungkap @sultaandf.

“Ranking 10besar asyik… Lumayan pinter kalo sekolah” tambah @suprojob.

“utang negara di akhirat nagihnya ke siapa?” tutur @rizvibes.

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Terkini

Terpopuler