PT SIR dan PT Mondrat Diduga Buang Limbah Sawit ke Sungai Siak

Senin, 29 Juli 2013 | 04:06:00 WIB
(ils)

PEKANBARU (RA)- Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, mendapat laporan langsung warga mengenai adanya pembuangan limbah sawit PT SIR dan PT Mondrat di sungai Siak.

Terkait kasus limbah sawit yang secara sengaja di buang PT SIR dan PT Mondrat, Wali Kota langsung intruksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekanbaru untuk memantau lokasi.

Hal tersebut di ucapkan walikota atas laporan masyarakat Saat ia melaksanakan safari ramadhan di Masjid Raya Al -Ihsan Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir Kamis (25/7/2013) kemarin.

"Saya sudah terima laporan langsung dari masyarakat. Kita segera perintah BLH langsung turun bekerja untuk memantau keluhan masyarakat, karena ini merupakan tugas BLH," tegas wako

Saya juga himbau kepada pak camat, lurah, RT/RW dan tokoh masyarakat untuk memantaunya, karena yang sehari-hari di lapangan mereka. Sebab petugas dari dinas sangat terbatas, itupun turun lapangan saat intensif mendadak (sidak).

Menurut Firdaus, Jika memang melihat adanya pembuangan limbah sawit, kita pinta aparat Kecamatan Rumbai Pesisir laporkan secara tertulis, kalau laporan tertulis tim yutisi akan langsung turun untuk menindak lanjuti laporan.

Bukan hanya terkait limbah, kita juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk memeriksa perusahaan tersebut terkait ketenagakerjaannya.

"Kita akan cek semua nantinya tidak hanya soal limbah, apakah perusahaan itu sudah memperkerjakan masyarakat tempatan atau belum, apakah porsinya sudah sesuai aturan atau belum. Jangan mereka cari makan di sini pekerjanya berasal dari luar kita," cetus wako.

Laporan: Va
Editor: Doni Dwi Putra

Terkini

Terpopuler