Bus Sekolah Pemkab Bengkalis, Diduga Dipersalah Gunakan

Senin, 22 Mei 2017 | 15:53:42 WIB
Bus sekolah

Riauaktual.com - Kepala UPTD Dinas Perhubungan (Dishub) Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis diduga menyalahgunakan bus sekolah untuk keperluan komersil dan kepentingan organisasi tertentu.

Salah seorang Masyarakat Mandau, Suwir mengaku dirinya memang pernah melihat bus sekolah milik  Dishub diduga disalahgunakan oleh Kepala UPTD Mandau.

Pria akrab disapa Ujang Labu ini, bus itu sepengetahuannya diperuntukan untuk jemput anak sekolah, namun kenyataan dilapangan disalahgunakan untuk kepentingan pariwisata.

"Saya pernah melihat, terkadang bus tersebut berada di Pekanbaru, ada juga di Pasir Pangarayan dan Bengkalis. Bus itu dipergunakan untuk membawa wisata lokal, pemain sepak bola, dan kepentingan organisasi kepemudaan," beber Suwir kepada wartawan, Senin 22 Mei 2017.

Suwir sebagai sopir travel ini menyebut, hal tersebut tentunya mengganggu transportasi anak sekolah. Menurutnya, pihak Kepala UPTD Dishub Mandau telah mengkomersilkan bus tersebut.

"Bus yang dipersiapkan untuk jemput anak sekolah itu baiknya digunakan untuk semestinya. Jika dari awal itu bus disiapkan untuk anak sekolah, kenapa disalah gunakakan," sesalnya.

Saat ini, santer kabar kalau bus sekolah di Kecamatan Mandau juga akan dipergunakan untuk membawa rombongan salah satu organisasi kepemudaan dari Mandau menuju Bengkalis. Bus akan mengantar anggota organisasi kepemudaan dalam acara pelantikan di Pulau Bengkalis.

"Kita heran saja, apakah memang boleh asset Pemkab dipergunakan seenaknya. Kalau boleh, bisalah masyarakat meminjam untuk pergi wisata," tanya Suwir.

Secara terpisah Pemerhati Masalah Sosial dan Politik di Bengkalis, Fahruddin Sumantri mengatakan kalau memang benar yang dilakukan Kepala UPTD Mandau tersebut sangat disayangkannya.

Dikatakanya, bus sekolah dari Dishub tidak etis dan tidak tepat dipergunakan untuk hal lain, karena apapun alasannya, bus merupakan asset Pemkab Bengkalis yang harus dipergunakan sesuai peruntukannya.

"Apalagi untuk membawa rombongan organisasi tertentu. Dasarnya apa, apakah sifatnya sewa atau faktor kedekatan. Perlu di ingat, Pemkab Bengkalis ini bukan milik organisasi tertentu, Bengkalis ini milik seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Jadi jangan semena-mena terhadap asset yang ada," pungkas Fahruddin. (put)

Terkini

Terpopuler