Irman Gusman : Peranan Ormas Islam Besar Dalam Menjaga Kerukunan Beragama

Selasa, 29 Maret 2016 | 21:18:56 WIB
Ketua DPD Irman Gusman diapit sebelah kiri Muhammad Zaitun Rasmin Ketua Wahdah Islamiyah dan kanan Muhammad Iqbal

JAKARTA (RA) - Ketua DPD RI Irman Gusman dan Muhammad Iqbal Parewangi (Senator Sulawesi Selatan) menerima audiensi jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah (WI) Ketua Umum DPP WI Muhammad Zaitun Rasmin, Wakil Ketua Umum DPP WI Muhammad Ikhwan Abdul Jalil Lc MHi, dan Ketua Steering Committe (SC) Muktamar III Wahdah Islamiyah Dr Rahmat Abdurrahman Lc MA), di ruang kerja Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa 29 Maret 2016.

DPD mendukung ormas-ormas Islam dan seluruh kegiatan positif dari ormas tersebut demi kepentingan nasional. Indonesia negara muslim terbesar, kerukunan beragama harus dijaga. Ormas Islam harus ikut  menjaga kerukunan tersebut sebagai kaum mayoritas. Hal tesebut tertuang dalam pertemuan antara Ketua DPD RI Irman Gusman dengan Ormas Wahdah Islamiyah.     

“Peran media cukup besar, karena itu ormas perlu memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat agar stigma negatif tidak timbul,” ujar Irman.

Senada dengan itu, Iqbal Parewangi yang juga Ketua BKSP DPD mengatakan bahwa DPD milik bangsa dan sebagai perwakilan daerah wajar jika DPD memberi apresiasi secara proporsional kepada ormas Islam, karena 80% lebih penduduk Indonesia beragama muslim.

“Indonesia bisa jaya dan kuat jika komponen-komponen bangsa kuat dan bersatu khususnya ormas-ormas islam,” tukas Iqbal.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah, Muhammad Zaitun Rasmin dalam paparannya mengatakan organisasi massa pimpinannya ini merupakan ormas Islam yang berbasis di Makassar. Awal didirikan di Makasar dan mendapat sambutan luas, tersebar 126 kabupaten kota. Kegiatan ormas Wahdah Islamiyah adalah Dakwah Islamiyah berfokus dakwah di daerah daerah terpencil yang dilakukan untuk kepentingan umat. Wahdah Islamiyah terdaftar di Kemendagri 2006 sebagai ormas. Wahdah mempunyai 169 sekolah di seluruh Indonesia dan ikut berkontribusi pada pendidikan di Indonesia.

“Meskipun Wahdah sebagai ormas Islam tetapi tetap menjaga nasionalisme dan menjaga kedaulatan NKRI, dan mengapresiasi dukungan DPD kepada ormas Wahdah karena kami juga berasal dari daerah” terang Muhammad Zaitun Rasmin.

Kedatangan Wahdah Islamiyah ke DPD juga meminta dukungan untuk menyelenggarakan muktamar III yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 17 sampai dengan 20 Juli 2016. Pembukaan akan dilaksanakan di masjid Istiqlal dan muktamar sendiri berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede. (rls)

Terkini

Terpopuler