Current Date: Jumat, 20 September 2024

Pemko Pekanbaru Mulai Susun Perwako IPAL

Pemko Pekanbaru Mulai Susun Perwako IPAL
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah menyusun Peraturan Walikota (Perwako) terkait Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Perwako tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik yang mengamanatkan penyusunan enam Perwako.

"Kemarin malam, kami baru saja mengadakan rapat internal untuk membahas apakah keenam Perwako tersebut harus disusun satu per satu atau bisa disimplifikasi menjadi satu dokumen. Saya meminta kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersama Kepala Bagian Hukum untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai hal ini," kata Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Rabu (18/9).

Ia menuturkan, menyatukan enam Perwako tersebut menjadi satu dokumen akan lebih efisien. Tentu saja, hal itu tanpa mengurangi esensi dan arah kebijakan yang diminta oleh Perda.

"Dengan menyederhanakan menjadi satu dokumen, kami dapat memastikan bahwa kebijakan yang diinginkan. Sehingga, aturan dalam Perda tetap tercapai tanpa harus membuat enam dokumen terpisah yang memiliki objek yang sama," terangnya.

Risnandar menyebut, rapat internal ini merupakan langkah awal dalam proses penyusunan Perwako. Diharapkan, Perwako ini dapat mempercepat implementasi kebijakan daerah dan meningkatkan efektivitas administrasi pemerintahan di Pekanbaru.

Dengan penyusunan Perwako yang lebih efisien, diharapkan Pemko Pekanbaru dapat berjalan lebih lancar dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Risnandar menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi untuk mencapai hasil terbaik.

Pembangunan IPAL di Pekanbaru sendiri merupakan proyek dari Kementerian PUPR untuk meningkatkan kualitas pelayanan sanitasi di kota ini.

Program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) Kota Pekanbaru memasuki tahap akhir. Pembangunan IPAL Skala Perkotaan ini telah dimulai pada Desember 2020 dan progres fisiknya telah mencapai 94 persen. 

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index