Bercermin ke Jogja, Perda Pariwisata Masukkan Unsur Ekonomi Rakyat

Bercermin ke Jogja, Perda Pariwisata Masukkan Unsur Ekonomi Rakyat
ilustrasi

RIAU (RA) - Setelah melihat perkembangan pariwisata dengan mengunjungi Provinsi DI Jogjakarta, Pansus pariwisata DPRD Riau mendapat inspirasi merumuskan Ranperda Pengembangan Pariwisata.

Salah satunya, Ranperda akan lebih menekankan terhadap prioritas ekonomi kreatif rakyat, sebagaimana yang tergambar di beberapa tempat pariwisata di provinsi pelajar itu.

Anggota Pansus Pariwisata DPRD Riau, Ade Hartati mengatakan pihaknya akan mencontoh pengelolaan dan pengembangan pariwisata yang ada di Jogja.

Pasalnya, dilihat dari kemajuan dan income terhadap daerah, Riau perlu mencontoh Jogja yang lebih menekankan ekonomi kreatif di pariwisata.

"Wisata Jogja banyak menggandeng ekonomi kreatif dalam memajukan pariwisatanya. Bukan dari investor. Ini layak dicontoh untuk Riau kita," ujarnya kepada wartawan, Rabu (16/3/2016).

Dijelaskannya, pengembangan kepariwisataan di daerah Jogjakarta lebih mengutamakan masyarakat kecil dalam pengelolaan. Sehingga dinilai dapat menyentuh perekonomian masyarakat tempatan guna memajukan dan mensejahterakan kehidupannya.

Hal inilah menurut politisi cantik dari fraksi PAN DPRD Riau ini, perlu dimasukkan dalam draft Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk menjadi Perda kepariwisataan.

Sebab, tidak melulu area tempat wisata itu banyak diisi investor asing ataupuj pihak ketiga yang sama sekali sedikit memberikan multi efek.

"Kalau investor hanya untuk keuntungan mereka. Jadi alangkah lebih, pariwisata di Riau menggandeng ekonomi kreatif yang berimplikasi terhadap masyarakat di sekitarnya guna menggenjot income daerah," jelas Ade.

 

Laporan : WON
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index