Dewan Minta MKKS Buat Soal Ujian yang Tidak Sulit

Dewan Minta MKKS Buat Soal Ujian yang Tidak Sulit
ade hartati

RIAU (RA) - Menjelang digelarnya ujian semester sekolah di tingkatan SMP dalam waktu dekat, pihak Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) telah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum pelaksanaan.

Termasuk pembuatan naskah soal ujian yang pada tahun 2016 ini diambil alih oleh MKKS. Naskah soal tersebut diharap dapat memberi peningkatan bagi peserta didik, baik secara kualitas maupun SDM para tenaga pengajar.

Anggota komisi E DPRD Riau, Ade Hartati Rahmad sangat menyambut baik langkah yang diambil MKKS ini. Selain dinilai kreatif, gebrakan MKKS merumuskan naskah soal ujian, membuktikan adanya inisitif cemerlang dari tenaga pengajar memeratakan serta memberikan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

"Ini harus diapresiasi. Rencana MKKS menggodok soal ujian, pertanda guru di Pekanbaru peka terhadap kualitas pendidikan," ujarnya kepada wartawan, Rabu (16/3/2016)

Ditambahkannya, selain memotivasi kegiatan MKKS tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan naskah soal ujian. Seperti standar muatan soal, standar kurikulum, maupun standar komposisi kemampuan anak.


"MKKS harus buat soal yang memenuhi standar. Jangan yang menyulitkan anak, apalagi yang tidak pernah mereka pelajari," katanya.

Dijelaskannya, naskah soal yang dibuat harus sesuai pula dengan yang pernah dipelajari ke anak. Artinya, jangan sampai soal ujian tersebut dapat merugikan anak dengan komposisi dan kesulitan diberikan, terasa berat dijawab anak.

"Saya hanya berdoa, semoga MKKS sukses menggelar ujian. Dan yang terpenting, begitu soal ujian selesai, jangan sampai bocor," pinta politisi PAN ini.

 

Laporan : WON
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index