Harga Cabai Merah Naik Warga Mengeluh

Harga Cabai Merah Naik Warga Mengeluh
cabai

PEKANBARU (RA) - Warga Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, mengeluhkan harga cabai merah mengalami kenaikan cukup tinggi, sedangkan daya beli makin melemah dampak pelemahan ekonomi daerah itu dalam setahun terakhir ini.

Seorang warga Rumbai Sri (44), selasa (15/3), mengatakan harga cabai merah besar saat ini mencapai Rp60 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

Selain itu juga terjadi pada kenaikan harga bawang merah Rp48 ribu dari sebelumnya Rp32 ribu per kilogram.

Kenaikan harga sayur mayur dari luar daerah itu tidak diikuti oleh sayuran lokal yang hingga saat ini masih sangat murah, seperti umbi-umbian, daun singkong, kangkung dan umbut rotan.

"Kami merasa sangat berat atas kenaikan harga cabai itu, karena setiap makan tanpa cabai rasanya hambar, kalau hanya mengandalkan cabai rawit pedasnya tak sama," ujarnya.

Sementara salah seorang pedagang sayur-mayur kedai harian, Yeni (38) Warga Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir membenarkan bahwa harga cabai dalam sepekan terakhir terjadi kenaikan, karena tingginya biaya transportasi dan harga ditingkat pedagang pengumpul.

Ia mengatakan cabai yang dipasok ke daerah itu didatangkan dari Bukit Tinggi Sumatera Barat dan Medan Sumatera Utara, termasuk beberapa jenis sayur seperti labu siam, bawang daun, kentang dan saledri.


Laporan : Azid

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index