Besok Bupati Siak Bertemu Jokowi

Besok Bupati Siak Bertemu Jokowi
bupati siak

SIAK (RA) - Upaya untuk memperkecil angka pengangguran sudah semakin terbuka. Sebab, saat ini sudah ada rencana pemerintah untuk membuat badan ekonomi kreatif sebagai langkah mendorong dan dan melahirkan pengusaha muda serta memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selasa (15/3), bertempat di Istana Negera, Bupati Siak bersama kepala daerah lainnya mengikuti pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo untuk membahas ekonomi kreatif.

"Dan hasil dari pertemuan tersebut itu nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan hasil dari situ ada dampak positifnya, dan bisa memunculkan minat dan semangat serta tertarik untuk menjadi pengusaha kreatif," kata Bupati Siak H Syamsuar kemarin sebelum keberangkatannya ke Jakarta. .

Saat ini masyarakat ekonomi asean (MEA) sudah berjalan meski persaingan belum begitu muncul. Akan tetapi, untuk bisa bersaing  merebut sejumlah peluang bisnis yang ada, tentunya sumber daya yang ada harus membekalkan diri dengan skill dan kemampuan di bidang enterpreneur.

Bupati juga sangat tidak menginginkan masyarakat dan peminat bisnis menjadi penonton di negeri sendiri. Sebab kehadiran MEA sudah barang tentu akan membuat semakin ketatnya persaingan dalam merebut peluang kerja yang ada. "Ini lah yang harus disiapkan," kata Bupati

Secara hitung-hitungan, angka pengangguran tahun 2014 di Kabupaten Siak masih tergolong daerah paling kecil yakni 3,56 persen. Terpaut jauh dibanding angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau yang mencapai 6,56 persen dan nasional 5,94 persen.

Meski angkanya kecil, Syamsuar tak mau anteng-anteng saja. Pada kondisi semacam ini justru dia mau lebih bergegas lagi untuk lebih memperkecil angka tadi, sebisa mungkin zero.

“Kalau angkanya sudah besar, kita akan kelimpungan. Sama kayak memadamkan api, kalau apinya kecil tak sulit memadamkan. Beda kalau sudah besar,” tegasnya.


Laporan : JAS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index