Pemko Pekanbaru Kembali Overlay 3 Jalan Rusak

Pemko Pekanbaru Kembali Overlay 3 Jalan Rusak
Perbaikan Jalan Darma Bhakti, Kecamatan Payung Sekaki

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan dan Penataan Ruang (PUPR) masih melakukan perbaikan jalan rusak secara bertahap. Perbaikan jalan rusak saat ini menyasar 3 ruas jalan lainnya. 

PUPR Kota Pekanbaru mulai memperbaiki ruas jalan Darma Bhakti Kecamatan Payung Sekaki, Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi, dan Jalan Umban Sari Rumbai. Ketiga ruas jalan ini dilakukan overlay (pelapisan aspal) melalui APBD Kota Pekanbaru tahun 2024.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, perbaikan tiga ruas jalan sudah dimulai dilakukan sejak minggu kemarin. Jalan Darma Bakti merupakan salah satu jalan yang dioverlay Dinas PUPR. 

"Pengerjaan Jalan Darma Bakti Sigunggung memasuki tahap Base A (penebalan jalan dengan kerikil dan pasir). Kami melakukan pemerataan dan pengerasan fondasi jalan," kata Edu, sapaan akrabnya, Senin (8/7). 

Ia menuturkan, nantinya proses overlay akan dilanjutkan dengan pelapisan prime coat (perekat aspal). Agar, aspal bisa lebih melekat dengan sempurna dengan permukaan tanah.

"Kepada warga Sigunggung, kami mohon maaf untuk ketidaknyamanan selama pengerjaan jalan ini berlangsung. Jalan Rajawali dan Umban Sari juga sudah dimulai perbaikannya," ucap Edu. 

Edu menambahkan, sejumlah ruas jalan lainnya juga sudah dilakukan overlay seperti Jalan Taman Karya, dan Jalan Purwodadi serta beberapa ruas jalan lainnya. 

"Saat ini Jalan Bangau Sakti juga dalam proses perbaikan. Kita awali dengan perbaikan drainase di sepanjang jalan," ungkapnya. 

Pihaknya mendata, panjang jalan rusak ringan di Pekanbaru yakni 254,284 kilometer. Sedangkan ruas jalan rusak sedang yakni 96,795 kilometer. Panjang ruas jalan dengan kondisi rusak berat mencapai 109,406 kilometer.

Total panjang ruas jalan kota yang dalam kondisi rusak mencapai 460,485 kilometer. Sementara, panjang jalan yang berstatus jalan kota di Kota Pekanbaru mencapai 1.277 kilometer. Artinya ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru berkisar 36 persen dari total ruas jalan kota ini.

"Mayoritas perbaikan ruas jalan ini kebanyakan bersumber dari APBD tahun 2024. Kami juga berupaya agar ada anggaran tambahan untuk perbaikan jalan," pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index