DPRD Pekanbaru Minta Disperindag Atasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Idul Adha

DPRD Pekanbaru Minta Disperindag Atasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Idul Adha
Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Dapot Sinaga SE

Riauaktual.com – Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Dapot Sinaga SE, meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru untuk segera mengambil tindakan terhadap kenaikan harga sembako di pasar-pasar tradisional menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah.

"Setiap perayaan hari besar keagamaan kebutuhan pokok selalu naik. Kita pun heran masalahnya di mana, jadi Disperindag tolong diawasi semua pergerakan ekonomi di pasar-pasar. Turun langsung, cek harganya kenapa bisa naik," kata Dapot pada Jumat (14/6/2024).

Dapot mencurigai adanya permainan dari para tengkulak yang sengaja menahan pasokan bahan pokok untuk menaikkan harga menjelang hari raya.

"Ya, bisa jadi permainan tengkulak. Ketika mau dekat hari raya kurban, disembunyikan barang-barang itu, terus karena kekurangan bahan pokok tadi dikeluarkan atau dijual lah ke pasar, tentu permintaan banyak, itulah mungkin salah satu penyebab harga di pasar naik," ujarnya.

Politisi dari PDI Perjuangan ini menekankan pentingnya tindakan proaktif dari Disperindag Kota Pekanbaru untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok.

"Disperindag jangan diam saja. Turun langsung ke gudang-gudang dan pasar-pasar, cek apa masalahnya. Jadi harus benar-benar tampil di lapangan, jangan diam saja," tegas Dapot.

Langkah cepat dan tegas dari pihak terkait diharapkan dapat mencegah spekulasi harga yang merugikan masyarakat, khususnya menjelang hari-hari besar keagamaan.

#DPRD Kota Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index