Kabupaten Bengkalis Raih Patriana Award 2023 atas Kepedulian pada Jaminan Sosial Pekerja

Kabupaten Bengkalis Raih Patriana Award 2023 atas Kepedulian pada Jaminan Sosial Pekerja
Kabupaten Bengkalis Raih Patriana Award 2023

Riauaktual.com - Kabupaten Bengkalis terus menerima penghargaan atas prestasi terbaik di bawah kepemimpinan Kasmarni Bagus Santoso (KBS). Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menerima penghargaan terbaik I Patriana Award 2023, karena dinilai peduli terhadap jaminan sosial pekerja.

Penghargaan ini diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, didampingi Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin, kepada Pemkab Bengkalis yang diwakili oleh Wakil Bupati Dr. H. Bagus Santoso di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (12/6).

Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan peluncuran program Perlindungan untuk Pekerja Rentan (Pulut Ketan) dan penyerahan kartu peserta perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari alokasi dana bagi hasil sawit. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Sumbar Riau BPJS Ketenagakerjaan, Eko Yulianda.

Setelah menerima penghargaan, Wabup Bagus Santoso menyatakan bahwa penghargaan bergengsi ini merupakan bukti terciptanya kebersamaan yang telah terjalin baik antara masyarakat, perusahaan, dan Pemkab Bengkalis.

"Ini harus kita pertahankan dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, di mana sinergisitas selama ini terjalin dengan baik," ujar Wabup.

Bagus Santoso juga menekankan bahwa diraihnya kembali Patriana Award ini tidak terlepas dari kerja keras Perangkat Daerah yang membidangi ketenagakerjaan, yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) dan para stakeholder terkait.

Bupati Kasmarni konsisten terhadap perlindungan tenaga kerja rentan. Pada APBD 2023 dan 2024, dialokasikan dana sebesar Rp 4,8 miliar untuk 24 ribu orang, termasuk tenaga non-ASN OPD, guru honorer, penyelenggara pemilu, pekerja di ekosistem sawit, serta perangkat kecamatan.

"Pertahankan kinerja dan teruslah berinovasi, agar ke depan Kabupaten Bengkalis bisa semakin baik dan unggul di segala bidang," pesan Bagus Santoso.

Sebelumnya, Pj Gubri SF Hariyanto dalam pidatonya menyampaikan bahwa sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Riau terhadap jaminan sosial pekerja, melalui APBD Riau 2024 telah melindungi 22.714 tenaga kerja rentan. "Total pekerja rentan terlindungi se-Provinsi Riau sebanyak 79.645 orang," tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, selain Wabup, juga Kepala Disnaker Salman Alfarisi dan Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Adi Sutrisno.

#BENGKALIS

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index