LAMR Akan Anugerahkan Gelar Adat kepada Kasal Laksamana Dr. Muhammad Ali

LAMR Akan Anugerahkan Gelar Adat kepada Kasal Laksamana Dr. Muhammad Ali
Dr. Muhammad Ali, SE, MM, MTr, Opsla

Riauaktual.com - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) akan menganugerahkan gelar adat kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Dr. Muhammad Ali, SE, MM, MTr, Opsla. Pria dengan bintang empat ini akan diberi gelar adat sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa.

Kasal Muhammad Ali, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Danlanal Kota Dumai dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) berpusat di Tanjung Pinang, akan menerima gelar tersebut pada puncak perayaan milad ke-54 LAMR pada 5 Juni 2024.

"Ada pun makna dari gelar adat ini yakni seorang pemimpin yang penuh dengan kilau cahaya kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan bagai air, menjunam dalam dapat menenggelam. Sekaligus, memiliki gelombang kekuatan yang besar, serta mampu pula menggunakan kedalaman dan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara," papar Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Sabtu (1/5/24).

Pemberian gelar ini telah melalui proses kajian dan pertimbangan oleh tim penapis LAMR, yang menilai jasa dan kedekatan Muhammad Ali dengan masyarakat Dumai, khususnya komunitas Melayu. Meskipun telah lama meninggalkan Dumai, hubungan kedekatan itu tetap terasa hingga kini. Selain itu, istrinya, Ny. Fera Muhammad Ali, juga berasal dari Terempa, Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, 27 Mei lalu kita sudah merisik (meminang) untuk diberikan gelar adat. Beliau menyambut kita dari LAM Riau dengan penuh kekeluargaan di Jakarta," ujar Datuk Taufik Ikram Jamil.

Laksamana Muhammad Ali akan bergabung dengan sejumlah tokoh nasional yang telah menerima gelar adat dari LAM Riau, termasuk Hamengkubowono IX, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo, dan Wakapolri Gatot Eddy Purnomo.

Rangkaian acara milad LAMR akan dimulai pada 3 Juni dengan acara majlis zikir, dilanjutkan pada 4 Juni dengan menegakkan payung panji adat, penyembelihan kerbau, orasi budaya, silat, zapin, syair, dan randai kuantan. Puncak acara pada 5 Juni akan diisi dengan penganugerahan gelar adat kepada Kasal Laksamana Dr. Muhammad Ali. Perayaan akan ditutup pada 6 Juni dengan ziarah ke makam tokoh LAMR.

#LAM RIAU

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index