Tertibkan Gepeng di Pekanbaru, 26 Orang Satgas Diturunkan

Tertibkan Gepeng di Pekanbaru, 26 Orang Satgas Diturunkan
Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus M.Ag

Riauaktual.com - Para gelandangan dan pengemis (Gepeng) didapati masih berkeliaran di sejumlah persimpangan jalan Pekanbaru. Mereka beraktivitas meminta belas kasihan pengendara dengan berbagai macam cara untuk mendapatkan uang.

Walaupun sudah sering ditertibkan oleh pihak terkait, namun keberadaan mereka tidak pernah hilang. Meminta-minta di jalanan dijadikan ladang pekerjaan oleh mereka untuk mencari rupiah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Idrus mengatakan, bahwa pihaknya sudah berulang kali melakukan penertiban gepeng. Mereka rutin melakukan penyisiran setiap hari untuk mengantisipasi adanya gepeng di jalanan kota.

Sebanyak 26 orang satuan tugas (satgas) akan turun merazia gepeng, serta masalah sosialnya. Razia digelar dua kali dalam sehari.

"Kami memiliki 26 orang Satgas dibantu tenaga harian lepas (THL) dan koordinator aparatur sipil negara (ASN). Kami turun sesuai jadwal," kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Idrus, Senin (20/5).

Ia menuturkan, jadwal razia gepeng ini dibagi dua sif. Razia dimulai dari pagi sampai pukul 15.00 WIB. Sif kedua, razia pukul 15.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

"Tugas satgas bukan hanya menjangkau atau menertibkan gepeng saja. Namun, mereka menangani seluruh permasalahan sosial di tengah masyarakat," terang Idrus.

Idrus menyebut setelah gepeng berhasil diamankan, petugas kemudian melakukan pendataan. Kemudian, gepeng ini diwawancarai.

"Untuk gepeng, kami minta membuat surat perjanjian agar tidak mengulangi lagi meminta-minta di jalanan. Kami arahkan mereka untuk berusaha dan diberi pelatihan," jelas Idrus.

Ia juga menambahkan, banyaknya Gepeng di Pekanbaru karena ada yang berasal dari luar daerah seperti dari kabupaten/kota tetangga dan bahkan dari luar provinsi

Ada yang memiliki modus berjualan tisu hingga menjadi pengamen. Kondisi ini membuat keindahan kota menjadi terganggu dengan adanya kehadiran gepeng yang hampir ada di setiap persimpangan jalan protokol.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index