PPDB SD Negeri di Pekanbaru Tahun ini Mulai Terapkan Sistem Online

PPDB SD Negeri di Pekanbaru Tahun ini Mulai Terapkan Sistem Online
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, tahun ini mulai menerapkan sistem online dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 untuk tingkat SD negeri. PPDB untuk tingkat SD bakal dimulai pada 26 Juni 2024.

Calon peserta didik sudah bisa mempersiapkan diri dan persyaratan dalam PPDB nanti. Ada sejumlah jalur yang disiapkan sekolah dalam PPDB nanti.

"Untuk SD secara online, kalau tahun lalu belum kita terapkan. Tapi tahun ini sudah kita diaplikasikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu (19/5).

Ia menjelaskan, walaupun PPDB SD negeri digelar online, orangtua calon peserta didik tetap masih bisa datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran.

Orangtua yang kesulitan mendaftarkan anak mereka secara online, nantinya dapat dibantu oleh panitia yang ada di sekolah yang dituju. Orangtua akan dituntun untuk mendaftar secara online.

"Ada panitia yang soal membantu proses pendaftaran calon peserta didik secara online," terang Jamal.

Jamal menyebut bahwa sistem PPDB tingkat SD negeri secara online sudah mulai dipersiapkan saat ini. Disdik Pekanbaru juga bekerjasama dengan Diskominfotiksan Kota Pekanbaru untuk meningkatkan server.

Dirinya mengatakan bahwa nanti ada operator di sekolah yang sudah dilatih untuk membantu proses pendaftaran. Masyarakat bisa berkonsultasi dengan operator yang ada di sekolah.

"Kita pastikan tidak sulit untuk proses pendaftaran, ada operator di sekolah siap membantu proses pendaftaran," jelasnya.

Jamal menyebut ada jalur lainnya selain zonasi yaitu jalur afirmasi. Jalur ini khusus bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Salah satu syarat dalam PPDB untuk SD negeri yaitu usia 7 tahun ke atas nantinya wajib diterima. Proses peringkat nantinya untuk rentang usia 7 tahun ke bawah hingga 6 tahun.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index