Petani Swadaya Antusias Ikuti Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit PT Aneka Inti Persada

Petani Swadaya Antusias Ikuti Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit PT Aneka Inti Persada
Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Ditaja PT Aneka Inti Persada

Riauaktual.com - Riauaktual.com - Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Aneka Inti Persada (PT AIP) pada Senin, ( 06/05/2024) lalu melakukan penyuluhan dan pelatihan teknis kepada petani swadaya di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Kegiatan ini merupakan langkah dari PT AIP terus berupaya membantu para petani dalam menerapkan perkebunan kelapa sawit yang produktif dan berkelanjutan, terutama kepada petani swadaya di sekitar perusahaan.

Menariknya, puluhan petani hadir terlihat antusias mendengakan pemaparan narasumber langsung dari Manager Riset Minamas Plantation Adi Sutrisno.

Materi yang disampaikan pentingnya aspek budidaya kelapa sawit mulai dari pembibitan, pengendalian hama dan penyakit. Serta perawatan dan panen kelapa sawit yang benar.

"Pada kegiatan tersebut, tercatat lebih dari lima puluh orang petani sawit swadaya hadir. Mereka terdiri dari kelompok tani dari desa-desa di sekitar Perusahaan," ungkap Area Controller PT Aneka Inti Persada, Lili ke Riauaktual.com Rabu sore, (8/5) di Siak.

Lili menegaskan, kegiatan tersebut merupakan langkah dan upaya PT AIP untuk mendorong para petani sawit untuk berkembang menjadi petani yang lebih produktif dan memiliki kemampuan dalam meningkatan jumlah dan kualitas hasil panen.

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai bentuk pembinaan dari PT AIP kepada petani swadaya yang berada di desa sekitar perusahaan.

"PT AIP sangat mendukung para petani swadaya untuk mengadopsi praktik budidaya kelapa sawit yang baik dan berkelanjutan. Sehingga, dapat meningkatkan produktifitas dan penghasilan dari petani," terang Lili.

"Kita berharap para petani juga kemudian mendapatkan sertifikasi dari standar Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan juga standar Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO)," tambahnya.

Lili menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut kepada petani sawit bukan hanya dari sisi bagaimana bisa meningkatkan produktivitas kebun sawit itu sendiri, tetapi juga melihat dari sisi-sisi yang lain terkait dengan aspek lingkungan, aspek sosial.

Sehingga pengolahan kebun tersebut bisa menjadi lebih berkelanjutan, bisa menjadi lebih lestari dan memberi keuntungan kepada petani.

"Dan yang paling penting, dapat menjalin kerjasama atau kemitraan dengan perusahan," katanya.

Sementara Camat Tualang, Mursal sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh PT AIP tersebut.

Menurutnya pelatihan budidaya kelapa sawit yang dilaksanakan tersebut sangat berdampak positif untuk menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan petani swadaya, khususnya desa sekitar perusahaan dan mendukung untuk kegiatan ekonomi produktif masyarakat.

"Terimakasih PT AIP telah melaksanakan kegitan ini. Kita berharap kemitraan dan komunikasi yang baik ini dapat terus berjalan untuk kemajuan desa-desa sekitar perusahaan," kata Mursal.

"Kegiatan seperti ini juga menambah pengetahuan. Sehingga hasil kebun petani nantinya bisa meningkat, serta kedepanya para petani sawit dapat bermitra dan berkerjasama dengan PT AIP," tambahnya.

Mursal menceritakan, di kegiatan Bimtek tersebut para petani terlihat antusias sekali mengikuti berjalannya kegiatan hingga selesai.

"Yang sangat menarik, para petani terlihat sangat antusias mengikuti materi dan bertanya terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapinya dalam menjalankan aktivitas budidaya kelapa sawit sehari-hari," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index