Bakal Calon Ketua RW di Pekanbaru Dipungut Rp 3 Juta untuk Uang Pendaftaran

Bakal Calon Ketua RW di Pekanbaru Dipungut Rp 3 Juta untuk Uang Pendaftaran
Ilustrasi (internet).

Riauaktual.com - Pemilihan Ketua RW 09 di Kelurahan Labuh Baru Barat (LBB), Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, tercoreng. Hal itu dikarenakan empat calon yang mendaftar untuk menjabat sebagai Ketua RW 09 dipungut dana pendaftaran sebesar Rp 3 juta.

Informasi tersebut dihimpun Riauaktual.com dari berbagai sumber. Bahkan beredar sebuah pesan dari aplikasi whatsapp sebuah informasi pendaftaran pemilihan bakal calon kandidat RW 09 LBB periode 2024-2029. Dimana ada empat bakal calon Ketua RW 09 yang sudah mendaftar dan memberikan uang sebesar Rp 3 juta.

Dimana dalam pesan tersebut disebutkan syarat pendaftaran, meliputi mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Panitia, mengisi visi dan misi dengan jelas, menyerahkan data-data (Fotocopy KTP, Fotocopy KK, Fotocopy ijasah pendidikan terakhir, dan surat keterangan sehat dan SKCK).

Pada pesan tersebut agar masing-masing calon atau kandidat bakal calon Ketua RW 09 untuj menyerahkan dana pendaftaran sebesar Rp 3 juta cash (tunai) atau transfer ke rekening Sekretaris Panitia Julia Eighteen.

Dimana pada pesan itu, batas waktu pendaftaran Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 23.00 WIB di Posko Panitia Pemilihan RW 09, apabila berkas sudah diserahkan kepada panitia namun dana belum disetorkan maka panitia berhak mendiskualifikasi calon tersebut.

Uniknya lagi pada pesan tersebut dituliskan, seluruh bakal calon kandidat Ketua RW 09 LBB wajib mengikuti debat yang telah ditetapkan oleh Panitia. Dimana debat itu dijadwalkan tanggal 6 April 2024 di PT GAS Jalan Nenas Gang Nenas 1 dan hingga saat ini belum terlaksana.

Didalam pesan tersebut, tertulis juga, demikian pemberitahuan ini kami sampaikan untuk dipahami dan dimaklumi bersama. Dibuat oleh Sekretaris Panitia Julia Eighteen dan diketahui Ketua Panitia Saud Sihaloho serta disetujui Plt RW 09 LBB Riduan.

Sekretaris Panitia Pemilihan Ketua RW 09 Labuh Baru Barat, Julia Eighteen saat dikonfimasi Riauaktual.com mengenai adanya dana pendaftaran sebesar Rp 3 juta, tidak banyak menjawab.

"Ini no wa Ketua Panitia.....silahkan," jawab Julia Eighteen singkat, Kamis (18/4/2024).

Saat dikonfirmasi Riauaktual.com melalui aplikasi pesan whatsapp, Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 09 Labuh Baru Barat, Saut Sihaloho, Jumat (19/4/2024) pukul 10.46 WIB, hingga berita ini diterbitkan belum memberikan menjawab.

Hal ini tentunya mencoreng kinerja Ketua RW sebagai pelayan masyarakat. Kenapa untuk pemilihan setingkat Ketua RW dipunggut biaya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index