Renja Tahun 2025 Disusun, Pembenahan Infrastruktur Masih Jadi Prioritas

Renja Tahun 2025 Disusun, Pembenahan Infrastruktur Masih Jadi Prioritas
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mulai menyusun rencana kerja (renja) tahun 2025. Rencana kerja ini disusun berdasarkan laporan dari para kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Pembenahan sejumlah insfrastruktur masih menjadi prioritas dan fokus renja pada tahun depan. Pemko Pekanbaru juga menerima sejumlah usulan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap kecamatan. 

"Jadi, hasil Musrenbang di kecamatan itu kami bahas lagi di forum OPD. Para kepala OPD sudah memaparkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada 2025," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (29/2). 

Pemko Pekanbaru mengundang semua elemen masyarakat, instansi vertikal, dan Pemprov Riau. Forum OPD ini membahas hasil Musrenbang di 15 kecamatan. 

Dari hasil Musrenbang itu, pemko bisa melihat yang harus dilakukan ke depan. Sehingga, usulan dari Musrenbang dapat diwujudkan nantinya. 

"Jadi, kami meminta masukan dari seluruh elemen masyarakat. Hal ini demi mematangkan rencana yang akan disusun," terang Indra Pomi. 

Ia menuturkan, penyusunan rencana ini merupakan draf awal. Draf awal ini akan dibahas lagi menjadi draf Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kemudian barulah draf ini akan diajukan ke DPRD. 

"Dari beberapa kegiatan prioritas, masih ada permasalahan perkotaan seperti infrastruktur, banjir, kesehatan, pendidikan, pariwisata. Ada hal-hal yang perlu perbaikan di tahun depan," jelas Indra Pomi. 

Pihaknya juga membangun sinergitas antara Pemko Pekanbaru, instansi vertikal, dan Pemprov Riau. Mudah-mudahan, program-program yang tidak bisa dianggarkan bisa didukung program Pemprov Riau dan pemerintah pusat.

Seperti pada tahun ini, perbaikan jalan rusak dan penuntasan masalah banjir menjadi kegiatan prioritas. Untuk tahap I tahun 2024, Pemko Pekanbaru sudah menganggarkan Rp15 miliar untuk perbaikan jalan hingga pemeliharaan drainase.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index