Kapolres Dumai: Pemilu Damai Butuh Kordinasi Semua Pihak

Kapolres Dumai: Pemilu Damai Butuh Kordinasi Semua Pihak
Kapolres Dumai: Pemilu Damai Butuh Kordinasi Semua Pihak

Riauaktual.com - Kepolisian Resor (Polres) Dumai melaksanakan kegiatan Coffee Morning Bersama Forkopimda Kota Dumai dan Instansi Terkait dan mengikuti pelaksaan kegiatan serupa yang dipimpin langsung oleh Kapolda Riau secara virtual melalui zoom meeting, Rabu (24/1/2024) di Gedung Citra Waspada Polres Dumai.

Kegiatan Coffee Morning dipimpin Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, M.H dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polres dan Polresta Jajaran Polda Riau. 

Dari Polres Dumai, kegiatan tampak dihadiri oleh Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Riau dalam rangka Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dipimpin Wadir Lantas Polda Riau AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K didampingi Kasubag Renmin Lantas Polda Riau Kompol Yohanes, S.H, M.H, Pamin Lantas Polda Riau Iptu Andi Tiro, S.H, M.M dan personel Ditlantas Polda Riau yakni Brigadir Nanda dan Briptu Doni Hermawan.

Kemudian turut hadir bersama mengikuti Coffee Morning secara virtual dari Polres Dumai, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Dymai H. Yusrizal, S.sos, M.Si, Dandim 0320/Dumai Letkol (Inf) Antoni Tri Wibowo, Danramil 01 Dumai Kapten (Arh) M.I. Daulay, Kepala Rutan Kelas IIB Dumai Bastian Manalu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai Deddy R, Komisoner KPU Kota Dumai dan Bawaslu Kota Dumai, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M, para Pejabat Utama Polres Dumai dan Kapolsek Jajaran Polres Dumai.

Kegiatan zoom meeting coffee morning tersebut dilaksanakan dalam rangka membahas langkah-langkah dan kesiapan Provinsi Riau memasuki tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia Penyelenggara Pemilu 2024 dan Instansi Terkait berkoordinasi dan saling bertukar informasi seputar situasi yang menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara, memetakan TPS dan daerah rawan dan TNI-Polri selaku penanggungjawab dalam bidang Kamtibmas akan melakukan pengamanan yang optimal guna mengantisipasi hal yang dapat menganggu pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara diseluruh TPS se-Kota Dumai menempatkan personel pengamanan secara maksimal sesuai kategori kerawanan TPS dan daerah sekitarnya.

"Kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024 memerlukan koordinasi dan kerjasama yang baik antara Panitia Penyelenggara Pemilu, TNI-Polri dan seluruh Instansi Terkait, dan pelaksanaan zoom meeting ini adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkannya," ungkap Kapolres Dumai usai pelaksanaan kegiatan.

Sementara dari layar zoom meeting, Dalam arahannya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H menyampaikan beberapa program yang telah dilakukan selama ini dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Polri khususnya Polda Riau dan Polres Jajaran telah melaksanakan upaya Cooling System diantaranya Deklarasi Damai yang meliputi koordinansi, silaturahmu dan penggalangan dengan KPU, Bawaslu dan Panitia Penyelenggara Pemilu serta instansi terkait lainnya, Seminar Kebangsaan Pemilu, Sosialisasi Pemilu di Daerah Terpencil dan Terisolir, Menjadi Narasumber Talkshow Series, melakukan Mapping Wilayah Rawan Bencana khususnya Banjir dan Kerawanan dalam Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024, mengikuti FGD Persiapan Penerimaan Logistik Pemilu, Do'a Bersama dan Simulasi Masa Kampanye," tutur Kapolda Riau.

Adapun yang menjadi atensi Kapolda Riau kepada Polres Jajaran serta Penyelenggara Pemilu adalah Ketersediaan Logistik Pemilu, Profesionalisme SDM (Kesehatan dan Produktivitas), Siap dan Tangguh melaksanakan Manajemen Pamwal Seluruh Tahapan Pemilu 2024, Tajamnya Prediksi Kir Intel, lakukan sosialisasi kehadiran masyarakat di TPS dan jalin kerjasama dan koordinasi yang baik dengan seluruh Instansi Terkait guna mewujudkan Pemilu Aman, Damai, Sejuk, Bersih dan Berintegritas. 

"Sejumlah persiapan matang dan langkah-langkah konkrit telah dilakukan oleh Polda Riau dan Polres Jajaran, yakni dengan menggelar serangkaian latihan dan apel kesiapan yang tujuannya untuk Pemilu yang berjalan aman dan damai. Kerja sama dengan banyak pihak juga telah kita lakukan sebagai bentuk sinergi dan koordinasi agar segala permasalahan dapat diatasi dengan baik serta untuk memastikan integritas dan transparansi Pemilu," ungkap Kapolda Riau mengakhiri penyampaiannya yang disiarkan langsung dari Aula Tribrata Lantai 5 Polda Riau.

#POLISI PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index