Kapolres : Perambah Lahan Cagar Biosfer Harus Segera Ditertibkan

Kapolres : Perambah Lahan Cagar Biosfer Harus Segera Ditertibkan
ilustrasi

SIAK (RA)- Agar tidak timbul persolan baru lagi di Kabupaten Siak, persoalan perambahan lahan yang terjadi di wilayah Cagar Bioster harus segera ditertibkan secepatnya.

"Ya, berbagai upaya rencana eksekusi lahan warga yang berada didalam wilayah Cagar Biosfer sudah kita lakukan dilapangan, diantara sosialisi, pendataan jumlah warga," kata Kapolres Siak AKBP Ino Herianto SIK.

Oleh sebab itu, lanjutnya, supaya perambahan cagar Biosfer tersebut tidak terus terjadi, mau tidak mau persoalan ini harus ditertibkan secepat mungkin. "Ini demi mempertahankan Cagar Biosfer tersebut agar tetap utuh dan tidak dialihkanfungikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Walaupun warga yang berada diatas lahan cagar bioster tersebut sudah bekerja sama dengan salah satu LSM, itu adalah hak mereka, pihak kepolisia tidak merasa gentar dan eksekusi tetap berjalan nantinya.

Sebelum melangkah menuju eksekusi, tambahnya, upaya yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian sepertinya sudah membuahkan hasil, sebab dari beberapa warga yang memiliki kebun di atas cagar Biosfer, dari pendekatan persuasif yang dilakukan, mereka siap membuat pernyataan keluar dari sana tanpa ada unsur paksa.

Kabag Polres Siak Kompol Yudi Palmi SIK menyebutkan rencana eksekusi lahan non hutan ini sangat diperlukan peran dari semua pihak dan harus menggandeng berbagai unsur.

"Untuk itulah sebelum kita melangkah menuju hari eksekusi kita akan melakukan pemantauan terhadap jumlah warga secara keseluruhannya yang disana secara mendetail ini supaya kita bisa mengimbangi berapa personil jumlah tim yang tergabung yang harus kita persiapkan, supaya untuk operasional eksekusi itu nanti bisa berjalan sesuai dengan rencana," papar Kabag Ops.


Laporan : JAS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index