Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi

Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi
Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra

Riauaktual.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman cuaca ekstrem. Apalagi mereka yang bermukim di wilayah rawan banjir.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra mengatakan, saat ini masih dalam musim penghujan. BPBD Kota Pekanbaru dengan BMKG sudah melakukan koordinasi terkait kondisi cuaca saat ini.

"Saat ini masih musim penghujan, kami terus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem," kata Zarman Candra, Kamis (23/11).

Menurutnya, pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap wilayah rawan bencana. Untuk itu, BPBD Kota Pekanbaru melakukan monitoring di titik rawan bencana.

Zarman menyebut, dalam mengantisipasi bencana terutama banjir dan genangan air, pihaknya melakukan monitoring di sejumlah titik rawan bencana, terutama aliran sungai. Dalam mengantisipasi bencana itu, pihaknya berkoordinasi dengan terkait.

"Kami tetap melakukan monitoring di titik-titik rawan bencana, terutama di sepanjang aliran sungai. Dan dinas terkait pun telah melakukan agenda pembersihan sedimentasi sungai dalam rangka mitigasi bencana," terang Zarman.

Tak hanya itu, pihaknya juga terus mengimbau kepada warga yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap siaga. Perubahan cuaca saat ini tidak menentu dan cuaca panas bisa seketika berubah menjadi hujan.

"Tetap siaga, karena curah hujan memang masih fluktuatif terjadi saat ini. Namun, potensi angin kencang sudah terlihat," ungkapnya.

Zarman kembali menghimbau masyarakat Pekanbaru yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan. Apalagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

Mereka bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir. 

#Lingkungan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index