Berikut 5 Arti Ayam Berkokok Jam 1 Malam Menurut Primbon dan Mitosnya

Berikut 5 Arti Ayam Berkokok Jam 1 Malam Menurut Primbon dan Mitosnya
Ilustrasi untuk berbagai arti kokok ayam jam 1 malam (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Ada beberapa arti ayam berkokok jam 1 malam bila dikaji menggunakan primbon Jawa dan masih diyakini hingga saat ini di tengah masyarakat.

Munculnya suara ayam berkokok malam hari terkadang memiliki arti dan mitos-mitos tersendiri. Mulai dari hal mistis hingga hal baik pembawa rejeki kerap akan turut mengikuti fenomena tersebut.

Seiring berjalannya waktu, arti ayam berkokok tepat di malam hari jam 1 kian mulai berkembang kepercayaanya di benak warga turun-temurun sehingga mitos. Mengapa demikian?

Simak informasi selengkapnya melalui ulasan satu ini.

Berikut dilansir dari Okezone.com 5 arti ayam berkokok malam hari jam 1 menurut primbon dan mitosnya : 

5. Terdapat anak gadis hamil di luar nikah

Banyak orang yang percaya bahwa munculnya suara ayam berkokok pada malam hari, mengartikan mitos bahwa terdapat seorang gadis wanita hamil diluar nikah.

Jika suara berkokoknya kencang berarti ayam tersebut berada didekat lokasi tempat tinggal perempuan tersebut mengandung bayi tidak sah. Menurut kepercayaan orang-orang ayam tersebut akan berkokok di atas jam 22.00.

4. Adanya hantu yang lewat

Tidak hanya itu saja, bagi sebagian orang juga percaya bahwa terdengarnya suara ayam berkokok dapat menandakan mitos adanya sosok makhluk supernatural alias hantu yang sedang lewat. Hantu yang sedang lewat tersebut kemudian direspon ayam dengan berkokok.

Maka dari itu apabila kamu mendengarkan suara tersebut di malam hari, sebaiknya memanjatkan doa agar hantu tersebut pergi.

3. Malaikat datang dan lewat

Dalam ajaran agama Islam, bunyi ayam berkokok di tengah malam dapat menandakan bahwa terdapat malaikat yang datang di hadapanmu maupun hanya sekadar lewat saja. Ayam dalam kepercayaan umat Islam menjadi salah satu unggas yang memiliki kemampuan istimewa, terutama dalam melihat sosok malaikat.

2. Maling sedang beraksi

Bunyi ayam berkokok di malam hari tidak hanya menandakan mitos saja, akan tetapi juga ada tanda-tanda yang masuk akal, seperti para maling yang siap beraksi.

Maling yang sedang beraktivitas di malam yang sunyi akan direspon oleh ayam dengan suara berkokok. Ada baiknya kamu mesti waspada ketika ayam tiba-tiba berkokok di tengah malam .

1. Pertanda Hari Yang Baik

Arti dan mitos ayam berkokok pada malam hari sekira jam 1 tidak selamanya membawa kesialan dan malapetaka. Sebab tanda tersebut bisa menandakan terjadi hal positif seperti adanya hari baik yang kamu rasakan pada hari ini.

Banyak orang yang membaca bahwa tanda tersebut terjadi karena turunnya Bathara Surya atau Dewa Surya pada pagi hari.

#Ragam

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index