2 Hari Diguyur Hujan, Riau Bebas Asap dan Nihil Hotspot

2 Hari Diguyur Hujan, Riau Bebas Asap dan Nihil Hotspot
ilustrasi

RIAU (RA)- Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Riau daratan dalam dua hari terakhir berhasil menekan jumlah hotspot dan titik api di Riau. Sempat menembus angka 134 titik, hari ini, Selasa (4/7/2015) Riau nihil hotspot.

Tak hanya itu, kualitas udara Pekanbaru dan beberapa Kabupaten yang sempat diselimuti kabut asap, kini sudah mulai membaik. Bahkah, dari pantauan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Pekanbaru menunjukkan kualitas udara termasuk kategori "BAIK"

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin.

"Berdasarkan data dari BMKG, Selasa (4/8/2015) update pukul 07.00 WIB, Info Alat Pemantau kualitas udara, ISPU Stamet Pekanbaru tunjukkan dalam kategori BAIK," katanya.

Dilanjutkannya, secara umum kondisi cuaca di wilayah Riau memang cerah berawan. Namun, peluang hujan ringan hingga sedang pada pagi dan sore atau malam hari terjadi hampir di sebagian besar wilayah Riau. Bahkan hingga pagi ini, Rengat masih diguyur hujan.

Usai diguyur hujan, jarak pandang di Kota Pekanbaru capai 6 Km, Dumai 5 Km (haze), Pelalawan 3 Km (haze) dan Rengat 4 Km (rain).

"Untuk hotspot per pukul 05.00 WIB tadi, di Pulau Sumatera ditemukan 17 titik, namun nihil untuk di Riau. Sebaran 17 hotspot tersebut terdapat di Lampung 3 titik, Babel 9 titik, dan Sumsel 5 titik," papar Sugarin.

"Angin secara umum dari arah Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan 05 - 20 knots (09 - 36 km/jam) dengan Temperatur max 31.0 - 34.0 C," pungkasnya. (ktc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index