Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Gaul

Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Gaul
Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Gaul, Ternyata dari Bahasa Daerah Ini, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Arti kata rungkad dalam bahasa gaul menarik untuk dijelaskan. Rungkad merupakan istrilah baru dalam bahasa gaul yang populer usai lagu berjudul Rungkad yang dipopulerkan oleh penyanyi dangdut dan pop Jawa, Happy Asmara dirilis dan populer pada tahun 2022 lalu.

Kata Rungkad ini dinyanyikan dalam lagu berbahasa Jawa. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa rungkad ini berasal dari bahasa Sunda. Rungkad ini banyak digunakan oleh netizen di media sosial (medssos) untuk mengekspresikan sesuatu yang tidak menyenangkan

Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Gaul

Lantas, apa sebenarnya arti rungkad dalam bahasa gaul? Mari simak arti kata rungkad yang dihimpun dari Quora dna berbagai sumber lainnya, Rabu (27/9/2023) sebagai berikut.

Jika diartikan secara harafiah, rungkad berasal dari bahasa Sunda yang berarti kondisi pohon yang tumbang hingga tercabut sampai ke akar-akarnya. Dalam bahasa Sunda, rungkad sering digunakan untuk menunjukkan kondisi pohon yang tercabut sampai ke akarnya “tangkal rungkad”.

Sementara rungkad dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari durung akad, atau belum kawin atau belum menikah.

Kembali lagi ke istilah sunda, dalam situasi pohon yang rungkad, biasanya diikuti dengan kondisi lingkungan sekitarnya yang ikut porak poranda, bahkan mengotori lingkungan sekitranya. Karena pohon yang rungkad atau tercabut hingga ke akarnya biasanya terjadi akibat badai, banjir dan tanah longsor.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan kata rungkad ini meluas dan digunakan untuk mengekspresikan percintaan atau kondisi yang sedang tidak baik. Seperti misalnya dalam kalimat di bawah ini.

Aing karek ditinggalkeun kabogoh, rungkad/rungkad sayang euy (gue baru aja ditinggalin pacar, kacau nih)

Duit euweuh, tabungan beak, babaturan malam mingguan ngan aing nu jomblo sorangan, duuh ah rungkad sayang (uang tidak ada, tabungan habis, teman-teman malam mingguan cuman gue yang jomblo sendirian, duuh ah kacau)

Sehingga, jika diartikan dalam kondisi kekinian, rungkad mungkin dapat diartikan sebagai ambyar. Intinya rungkad adalah bahasa gaul yang digunakan untuk menunjukkan suatu kondisi yang sedang tidak baik atau tidak menyenangkan.

Demikianlah penjelasan dan informasi mengenai arti kata rungkad dalam bahasa gaul, semoga dapat memberikan pencerahan dan pengetahuan baru terkait dengan istilah gaul baru.

 

 

Sumber: RM.id

#Ragam

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index