Burung Bisa Terbang sedangkan Ayam Tidak Bisa, Kenapa?

Burung Bisa Terbang sedangkan Ayam Tidak Bisa, Kenapa?
Ilustrasi ayam yang tidak bisa terbang meskipun bersayap (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Masih banyak yang penasaran kenapa burung bisa terbang sedangkan ayam tidak bisa terbang? Pertanyaan menggelitik ini kerap memunculkan rasa ingin tahu, mengingat keduanya memiliki banyak kesamaan secara struktur tubuh.

Ayam juga memiliki sayap dan bulu halus, tetapi tidak bisa membuatnya terbang. Berbeda dengan burung lain dapat terbang tanpa hambatan.

Melansir dari Live Science, Rabu (20/9/2023), sebab burung bisa terbang sedangkan ayam tidak bisa terbang ternyata disebabkan oleh perbedaan massa otot tubuh mereka. Ayam peliharaan memiliki sayap yang lebih kecil dan massa tubuh yang lebih berat, sehingga sulit bagi mereka untuk terbang.

Otot terbang yang besar ini menghambat kemampuan terbang ayam. Sementara burung dapat terbang dengan baik karena memiliki rasio yang tepat antara massa tubuh dan luas sayapnya.

Menurut Michael Habib, seorang ilmuwan di University of Southern California dan Institut Dinosaurus di Museum Sejarah Alam Los Angeles County, proses domestikasi oleh manusia juga menjadi alasan kenapa ayam tidak bisa terbang.

Manusia sengaja membiakkan ayam karena mereka mengoonsumsi daging putih dan telur. Oleh sebab itu, mereka dipelihara agar memiliki otot dada yang lebih besar. Domestikasi ini membuat perubahan genetik hingga membuat ayam modern kurang efisien untuk terbang.

Namun ayam muda yang lebih ringan bisa terbang dalam jarak sangat pendek. Ayam muda memiliki daya tahan yang cukup untuk tetap berada di udara.

Meski demikian mereka tidak bisa terbang jauh. Oleh karena itu, ayam hampir tidak perlu dihalangi dengan para tinggi atau atap untuk mencegah mereka melarikan diri.

“Jika mereka dekat dengan pagar dan pagar tersebut cukup tinggi, mereka tidak dapat meluncur cukup curam untuk melewatinya,” kata Habib.

“Dan jika mereka berada jauh dari pagar, di mana mereka dapat memiliki sudut lepas landas yang lebih rendah, mereka tidak memiliki daya tahan yang cukup untuk tetap berada di udara ketika mereka sampai di sana,” katanya.

Demikian alasan kenapa burung bisa terbang sedangkan ayam tidak bisa terbang.

#Ragam

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index