Seleksi P3K Dibuka, Pemko Pekanbaru Hanya Terima 2 Formasi Untuk Umum

Seleksi P3K Dibuka, Pemko Pekanbaru Hanya Terima 2 Formasi Untuk Umum
Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Fabillah Sandy

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, resmi membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Seleksi P3K ini dibuka untuk formasi fungsional guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Seleksi P3K formasi fungsional itu diumumkan langsung di website bkpsdm.pekanbaru.go.id, mulai Selasa (19/9) siang. Dalam pengumuman itu, juga dilampirkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Fabillah Sandy, melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Pekanbaru Ahmad Nurdinsyah mengatakan, bahwa seleksi P3K Kota Pekanbaru sudah dibuka.

"Hari ini sudah diumumkan seleksi untuk P3K guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Besok semuanya sudah bisa mendaftar," kata Ahmad Nurdinsyah, Selasa (19/9).

Ia menuturkan, untuk penerimaan P3K Guru hanya menyelesaikan Prioritas (P1), yang sebelumnya memenuhi nilai ambang batas pada seleksi P3K untuk jabatan Fungsional Guru Tahun 2021, dan belum pernah dinyatakan lulus pada seleksi JF guru periode sebelumnya. Jadi, untuk tenaga guru belum dibuka untuk umum.

"Sekarang ini kita belum dapat juknis dari kemendikbud. Kalau Pekanbaru untuk guru masih menyelesaikan P1 sebetulnya, jumlahnya 610," terang Akang, sapaan akrabnya.

Meski begitu, para pelamar di P1 wajib melakukan pendaftaran ulang. Pelamar prioritas wajib mendaftar kembali akun yang dilakukan secara daring melalui laman http://sscasn.bkn.go.id serta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan secara elektronik. Informasi terkait P3K Guru dapat diakses melalui gurupppk.kemdikbud.go.id.

Ia menyebut, seleksi P3K yang dibuka untuk umum hanyalah formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Dimana, untuk P3K tenaga kesehatan dan teknis dibuka dua jalur yakni jalur khusus dan umum.

Kategori P3K khusus untuk tenaga kesehatan adalah pelamar khusus eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang terdaftar pada pangkalan data (database) Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan masih aktif bekerja di Pemerintah Kota Pekanbaru sampai dengan periode pendaftaran P3K Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2023.

Kemudian non ASN atau pegawai yang melamar pada instansi Pemerintah Kota Pekanbaru dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun secara terus menerus pada instansi Pemerintah Kota 
Pekanbaru.

Sementara P3K umum untuk tenaga kesehatan adalah pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus serta wajib memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar pada saat pendaftaran dengan ketentuan paling singkat 2 tahun untuk jenjang pemula, terampil, mahir, penyelia, dan ahli pertama.

Kemudian P3K khusus untuk tenaga teknis adalah pelamar THK II yang terdaftar pada pangkalan data (database) Badan Kepegawaian Negara (BKN), melamar dan masih aktif bekerja di Pemerintah Kota Pekanbaru sampai dengan periode pendaftaran P3K Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2023.

Selanjutnya Non ASN atau pegawai yang melamar pada instansi Pemerintah Kota Pekanbaru dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun secara terus menerus dan masih aktif bekerja di instansi Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sedangkan untuk P3K tenaga teknis yang dibuka umum yakni pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus serta wajib memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar pada saat pendaftaran dengan ketentuan paling singkat 2 tahun untuk jenjang pemula, terampil, mahir, penyelia, dan ahli pertama.

"Jadi kalau untuk umum itu hanya untuk tenaga kesehatan dan teknis," jelas Akang.

Ia menjelaskan bahwa P3K yang khusus adalah untuk THK II atau honorer pemerintah Kota Pekanbaru. Sementara yang umum baru dibuka untuk masyarakat umum.

"Makanya kita berikan kesempatan kepada orang yang umum juga," pungkasnya.

Diketahui juga, untuk tahun ini Pemko Pekanbaru akan menerima 707 P3K dengan rincian tenaga pendidik atau guru sebanyak 610 orang, tenaga kesehatan 29 dan teknis 68 orang. 

#Pekanbaru #SKPD Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index