Asap Masih Selimuti Pekanbaru, Pj Wako Ingatkan Kelompok Rentan Berada Di Rumah

Asap Masih Selimuti Pekanbaru, Pj Wako Ingatkan Kelompok Rentan Berada Di Rumah
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun,

Riauaktual.com - Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, ingatkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Terutama bagi kelompok rentan seperti bayi, balita, ibu hamil dan lansia supaya sebisa mungkin agar berada di rumah saja.

Hal ini mengingat kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyelimuti Kota Pekanbaru. Asap ini mencemari udara dan berdampak terhadap kesehatan manusia.

"Kita imbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Beberapa hari ini memang Pekanbaru tampak diselimuti kabut asap," kata Pj Wako, Selasa (3/10).

Dalam kondisi seperti ini, Muflihun menyarankan masyarakat sebisa mungkin agar berada di rumah saja atau dalam ruangan. Dan jika memang harus keluar rumah agar tetap menggunakan masker.

Dari penjelaskan BMKG, adapun kabut asap tersebut adalah asap kiriman dari daerah lain. Asap ini sudah menyelimuti Pekanbaru sejak beberapa hari terakhir.

"Yang terpenting juga adalah dengan rutin minum air putih. Usahakan lebih banyak dan lebih sering dari hari biasanya. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, banyak makan bergizi dan istirahat yang cukup," terang Muflihun.

Ia menilai, upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menutup sumber air yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti sumur, bak penampungan dan lain-lain agar tidak tercemar debu asap.

"Apabila merasakan ada gangguan kesehata agar segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk berobat. Jangan tunggu lama-lama sehingga tidak semakin parah sakitnya," jelasnya.

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan terpantau mulai menyelimuti Pekanbaru sejak pekan kemarin. Bahkan, Minggu (1/10) pagi kualitas udara di Kota Pekanbaru berada di level tidak sehat. Hal ini bisa dilihat langsung secara real time melalui website  https://www.bmkg.go.id/kualitas-udara/informasi-partikulat-pm25.bmkg

Pada website tersebut, dapat dilihat konsentrasi partikulat (PM10) di Pekanbaru pagi itu menunjukkan angka 99.80 ugram/m3. Angka tersebut menunjukkan kualitas tidak sehat atau berada di level kuning. 

#Pekanbaru #SKPD Pekanbaru #Pemko Pekanbaru #Lingkungan #Kabut asap

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index