Revitalisasi Pasar Palapa Tahap II Diusulkan Rp3 Miliar

Revitalisasi Pasar Palapa Tahap II Diusulkan Rp3 Miliar
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kembali mengusulkan revitalisasi Pasar Palapa tahap II ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI). Hal ini seiring bangunan baru revitalisasi Pasar Palapa tahap I belum sepenuhnya bisa menampung para pedagang.

Bangunan yang dibuat berbentuk Hall saat ini hanya mampu menampung sekitar 80 pedagang. Pemko Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengusulkan revitalisasi tahap II untuk tahun 2024 mendatang.

"Kita minta lagi untuk revitalisasi (Pasar Palapa.red) tahap II. Kan kios-kios disana itu sudah lama sekali, sudah berumur 20 tahun itu bangunannya," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (19/9).

Menurutnya, bangunan yang bakal direvitalisasi ini berada tepat di depan pembangunan revitalisasi tahap I. Ada sejumlah kios pedagang di sana yang akan dibangun ulang.

Pria yang akrab disapa Ami ini menyebut, untuk revitalisasi tahap II konsepnya tetap sama dengan pembangunan saat ini yaitu berbentuk hall besar. Nanti di dalam itu juga dibuat kios-kios kecil untuk pedagang.

"Konsepnya kita buat hall lagi di dalam itu ada kios. Jadi, pedagang itu betul-betul nyaman lah tempatnya," terangnya.

Sementara untuk anggaran revitalisasi tahap II ini dikatakan Ami disesuaikan dengan spesifikasi bangunan. Sementara pagu anggaran yang diusulkan Rp3 miliar.

Saat ini proses pekerjaan revitalisasi Pasar Palapa tahap I sudah hampir mencapai 60 persen. Pekerjaan sudah memasuki proses pemasangan kerangka kolom. Ada 12 tiang baja warna hitam sudah terpasang di area proyek tersebut.

Revitalisasi Pasar Palapa sudah berlangsung sejak akhir Juli 2023 lalu, dan ditargetkan rampung Oktober ini. Pasar itu nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging. Para pedagang yang berjualan di lokasi itu saat ini berjualan sementara di Tempat Penampungan Sementara (TPS).

Jika pasar sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang. Bangunan pasar dalam revitalisasi ini berbentuk hall atau aula dengan ukuran 25 x 30 meter. 

#ekonomi #PASAR

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index