Tak Ada Anggaran, Bus Adminduk Keliling Beroperasi di Kantor Dukcapil Pekanbaru

Tak Ada Anggaran, Bus Adminduk Keliling Beroperasi di Kantor Dukcapil Pekanbaru
Bus Adminduk Keliling Beroperasi di Kantor Dukcapil Pekanbaru

Riauaktual.com - Bus Administrasi Kependudukan (Adminduk) Keliling Kota Pekanbaru, belum bisa beroperasi secara mobile. Mobil yang diperuntukkan untuk layanan Adminduk ini masih beroperasi di sekitar kantor Dukcapil Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman.

Pasca hibah dari Pemerintah Provinsi Riau beberapa waktu lalu, mobil ini hanya melayani masyarakat yang datang ke Kantor Dukcapil Pekanbaru. Pasalnya, untuk pengoperasiannya, Disdukcapil Pekanbaru terkendala anggaran.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima STNK mobil Adminduk bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau tersebut. Hanya saja, untuk operasional kendaraan tersebut belum dianggarkan.

Belum ada anggaran untuk mengoperasikan mobil tersebut hingga ke tengah lingkungan masyarakat. Pihaknya berharap, pada APBD Perubahan tahun 2023 ini sudah bisa dianggarkan.

"Kalau STNK sudah ada, cuman kendalanya di operasionalnya. Mudah-mudahan di (APBD) perubahan ini bisa dianggarkan," kata Irma Novrita, Selasa (19/9).

Saat ini, pihaknya hanya bisa mengusahakan agar mobil bus tersebut bisa tetap beroperasi meski belum bisa mobile. Maka mobil ini diposisikan di lingkungan kantor Dukcapil Pekanbaru.

"Nah untuk bagaimana dia tetap bisa jalan, tapi dengan anggaran uang yang seefisien mungkin. Karena kami harus mencarikan dari BBM kami yang tersedia ini dibantukan kesana," terangnya.

Dikatakannya, Bus Adminduk itu saat ini hanya dioperasikan di kantor Disdukcapil sekaligus uji coba. Bahkan, bus tersebut sudah melayani perekaman e-KTP, cetak KTP dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Saat ini kami standby kan di depan kantor sekaligus uji coba. Kami evaluasi dari dua kali layanan. Kita evaluasi lah mungkin ada perangkat yang tidak terkoneksi. Akan tetapi alhamdulillah tak ada kendala yang berarti. Alhamdulillah tadi sudah bisa rekaman bagi anak-anak yang pemula, e-KTP belum dicetak, bisa cetak di sana. Termasuk aktivasi IKD," ungkapnya.

Sejauh ini kata Irma, KTP yang dicetak melalui Bus Adminduk itu belum banyak. Setidaknya, bus itu sudah mulai beroperasi untuk membantu pelayanan masyarakat dan berjalan lancar.

Ia menyebut, seharusnya Bus Adminduk tersebut juga sudah bisa melayani bagaimana mengurus akte kelahiran dan dan beberapa layanan lainnya yang tertulis di pintu bus. Akan tetapi, saat ini pihaknya keterbatasan petugas dan juga kapasitas orang di dalam bus juga terbatas.

"Seharusnya sudah bisa melayani, tapi kan petugas masih terbatas, tempat di dalam hanya bisa diisi tiga orang. Itu lah kami manfaatkan, pertama rekaman, cetak KTP dan IKD," pungkasnya. 

#Pekanbaru #SKPD Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index