Pemko Pekanbaru Awasi Distribusi Beras Bulog

Pemko Pekanbaru Awasi Distribusi Beras Bulog
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Kenaikan harga beras menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Kenaikan ini menyesuaikan dinamika pasar. Namun kenaikan ini memicu kenaikan beras premium di distributor.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru memberi alternatif bagi masyarakat ketika terjadi kenaikan harga beras. Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau beras Bulog bisa menjadi pilihan bagi masyarakat.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pihaknya meminta Bulog memastikan pasokan beras SPHP tersedia di Rumah Pangan Kita atau RPK di Pekanbaru. Ia berharap pasokannya tidak ada gangguan sehingga beras tersebut bisa jadi pilihan bagi masyarakat.

"Maka kita harapkan suplai beras SPHP tidak terganggu," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Minggu (17/9).

Dirinya menyebut bahwa Pj Walikota Pekanbaru sudah memberi perintah kepada seluruh camat dan lurah ikut mengawasi pasokan beras di wilayahnya. Mereka diminta mengawasi distribusi beras Bulog ini agar tepat sasaran.

Bulog juga bisa merilis lokasi RPK sebagai panduan bagi masyarakat yang hendak membeli beras bulog. Hal ini guna mempermudah masyarakat untuk mendapatkan beras tersebut.

Ia memaparkan, kenaikan harga beras premium yang terjadi beberapa minggu ini menjadi perhatian TPID Kota Pekanbaru. Harga beras premium ada di kisaran Rp 15.500 per kilogram hingga Rp 17.000 per kilogram.

"Kita menilai ini dinamika pasar ya, makanya pemerintah tidak bisa intervensi, sebab pasar punya dinamika sendiri. Beras SPHP bisa menjadi pilihan bagi masyarakat," terangnya.

Dirinya menyadari bahwa beras SPHP juga mengalami kenaikan harga dari Rp 9.950 per kilogram menjadi Rp 11.500 per kilogram. Namun, harganya jauh lebih murah dibandingkan beras premium dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. 

#ekonomi

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index