Ternyata Selai Serikaya Tak Terbuat dari Buah Srikaya Loh

Ternyata Selai Serikaya Tak Terbuat dari Buah Srikaya Loh
Selai Srikaya. (Foto: Instagram)

Riauaktual.com - Selai serikaya merupakan salah satu varian selai yang banyak ditemukan sebagai isian roti, selain selai coklat, stroberi, ataupun kacang. Memiliki cita rasa yang sekaligus tekstur yang lembut dan legit.

Kerap dianggap terbuat dari buah srikaya, tahukah kamu jika selai ini sebenarnya tidaklah terbuat dari buah srikaya. Sebenarnya, selai serikaya terbuat dari bahan utama yang berbeda, yaitu telur, gula, santan, dan daun pandan. Kombinasi bahan-bahan ini menghasilkan tekstur lembut dan rasa manis yang khas.

Selai serikaya sering disajikan sebagai isi roti, kue, atau sebagai pelengkap untuk makanan penutup lainnya. Wajar saja kalau dalam Bahasa Inggris, selai ini justru disebut sebagai egg jam atau selai telur dan coconut jam atau selai kelapa.

Lantas, mengapa namanya mengandung kata "serikaya"? Ini bisa jadi karena kemiripan warna dan tekstur selai serikaya dengan buah srikaya yang matang.

Di sebagian negara di Asia Tenggara, selai ini juga dikenal dengan sebutan kaya jam atau selai kaya seperti di Malaysia dan Singapura. Sedangkan di Thailand, selai ini disebut dengan Sangkaya

Srikaya adalah buah tropis yang kulitnya hijau dan dagingnya kuning, sehingga terdapat kesamaan visual dengan selai serikaya yang berwarna kuning.

Namun, meskipun tidak ada buah srikaya yang digunakan dalam pembuatan selai ini, rasanya tetap lezat dan nikmat. Selai serikaya menjadi favorit banyak orang karena kekentalannya yang khas dan rasa manis yang menggugah selera.

Jadi, meskipun namanya mungkin mengecoh, selai serikaya tetap menjadi camilan yang patut dicoba bagi pecinta makanan manis dari Asia Tenggara.

 

 

Sumber: Okezone.com


 

#Ragam

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index