Padamkan Karhutla

BNPB Terjunkan Helikopter Tambahan ke Riau

BNPB Terjunkan Helikopter Tambahan ke Riau
helikopter padamkan api (ilustrasi)

RIAU (RA)- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhirnya mengirimkan dua helikopter untuk membantu pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terus meluas di Riau. Dua heli tersebut  berjenis Sikorsky dan heli MI 171 yang hari ini ditugaskan melakukan pemadaman diwilayah Bengkalis.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Senin (27/7/2015). "Ya, memang permintaan tambahan heli ini sudah lama kita sampaikan, cuma waktu itu terkendala izin. Tetapi sekarang keduanya sudah langsung ikut membantu proses pemadaman dilapangan," ujarnya.

Dijelaskan Edwar, kedua Heli tersebut bertugas ikut membantu proses pemadaman lewat udara dengan melakukan boom air atau waterboombing.

"Untuk operasional kedua helikopter ini bisa selama 6 jam kerjanya. Tiga jam terbang melakukan waterboombing dan harus kembali ke pangkalan untuk mengisi Bahan Bakar dan kembali terbang selama 3 jam melakukan waterboombing," ulasnya.

Kedua heli ini sambung Edwar, akan ditempatkan di Posko Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.  "Helikopter ini akan ikut membantu memadamkan api disemua wilayah Riau, tetapi untuk saat ini kita fokuskan wilayah Rupat Bengkalis dan Kampar serta Pelalawan. Karena diwilayah itu ditemukan titik api," tandasnya.   

Sebagaimana diketahui, hari ini Dinas Kesehatan Riau sudah mulai membagikan 1.500 masker kepada masyarakat akibat kualitas udara di Kota Pekanbaru yang semakin memburuk. Berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), kualitas udara Pekanbaru termasuk kategori "Tidak Sehat". (ktc)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index