Pasar Induk Disetujui Dibangun Swasta, Beberapa Anggota DPRD Walk Out

Pasar Induk Disetujui Dibangun Swasta, Beberapa Anggota DPRD Walk Out
suasana paripurna

PEKANBARU (RA)- Rapat paripurna penyampaian laporan panitia khusus DPRD Kota Pekanbaru terhadap pembahasan investasi pasar berlangsung alot, bahkan diwarnai walk out dari kalangan DPRD yang menolak hasil keputusan pansus.

Laporan disampaikan Ida Yulita Susanti SH selaku anggota Pansus Investasi Pasar dalam paripurna, Senin (6/7/2015) pagi tadi, menyatakan bahwa untuk pembangunan Pasar Induk diserahkan ke pihak investor atau pihak swasta, sementara pembangunan pasar Palapa tetap dikelola oleh Pemko Kota Pekanbaru melalui APBD atau APBN.

"Melalui kajian yang mendalam, serta melalui pembahasan dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pasar serta pihak terkait lainnya, dengan ini Pansus sepakat penyerahan Pasar Induk kepada Investor dan Pasar Palapa diserahkan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru melalui APBD atau APBN," ujar Ida membacakan.

Setelah laporan tersebut disampaikan, Sigit Yuwono selaku pimpinan paripurna langsung menanyakan persetujuan para anggota dewan, namun pernyataan tersebut langsung menuai perdebatan panjang, pasalnya, beberapa anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi Demokrat dan PDIP menolak hasil pansus investasi pasar tersebut.

Penolakan karena pembangunan Pasar Induk dikelola dan dibangun oleh pihak ketiga. Bahkan 10 anggota dewan yang tidak setuju langsung melakukan Walk Out dari rapat paripurna. Namun pimpinan rapat paripurna langsung mengetuk palu bertanda bahwa laporan pansus pembahasan Investasi Pasar diterima berdasarkan keputusan anggota dewan yang mayoritas menyetujui hasil laporan pansus.

Perdebatan tersebut langsung disaksikan oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, serta pimpinan Muspida serta juga dihadiri Asisten II Pemko Pekanbaru Dedi Gusriadi, Kaban Satpol PP Zulfahmi Adrian, Kepala Disperindag Azwan, Kepala Diskes Helda S Munir, Kadistan El Sabrina dan para muspida lainnya.

Wakil Walikota dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada anggota Dewan dan terkhusus kepada Panitia Khusus (Pansus) yang telah mengkaji dan juga menganalisis tentang pengelolaan dua pasar tradisional tersebut.

"Kita ucapkan terimakasih kepada Pansus yang telah bersusah payah mengkaji dan juga menganalisis dan juga memberikan rekomendasi pembangunan kedua pasar tradisional tersebut," ujar Ayat Cahyadi.

Ayat berharap, dengan disahkannya laporan Pansus tentang pengelolaan dua pasar ini bisa memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

"Selain itu harapan kita tentu dengan diserahkannya pengelolaan pasar Induk kepada pihak ketiga tentu biaya perawatan juga akan semakin kecil. Selain itu harapan kita dengan disahkannya laporan pansus pasar ini akan bisa memacu pertumbuhan di berbagai sektor sehingga ekonomi kerakyatan meningkat dan Visi Misi Kota Pekanbaru Metropolitan yang Madani bisa terwujud," harap Ayat

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index