Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Bengkalis: Kasmarni dan Bagus Santoso Tampil Elegan

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Bengkalis: Kasmarni dan Bagus Santoso Tampil Elegan
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Bengkalis

Riauaktual.com - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Kabupaten Bengkalis berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis, Dr. H. Bagus Santoso, tampil anggun mengenakan busana adat yang merepresentasikan budaya daerah masing-masing.

Bupati Kasmarni memakai baju adat Melayu berwarna merah yang memancarkan elegansi, sementara Wakil Bupati Bagus Santoso gagah dengan baju adat Jawa yang penuh arti, pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Sebagai puncak acara, pembacaan teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD Bengkalis, H. Khairul Umam. Kemudian, dilanjutkan dengan momen mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Ketegangan dan hening yang terasa saat peringatan mencapai detik-detik Proklamasi, tergambar dari sirine yang berbunyi, memayungi lapangan dengan suasana yang amat khidmat. Dalam waktu sekitar 3 menit, Bupati, Wakil Bupati, tamu undangan, dan masyarakat tenggelam dalam keheningan yang menghormati momentum bersejarah ini.

Atmosfer berubah saat sepatu pasukan Paskibraka menghentak tanah Lapangan Tugu, menciptakan ketegangan yang segera berubah menjadi kekompakan dan ketertiban. Dibawah pimpinan Peltu Donal Nababan, gerakan baris-berbaris pasukan Paskibraka yang telah melalui latihan yang intens terlihat sangat teratur dan seragam.

Puncak dari upacara ini adalah saat bendera merah putih dikibarkan oleh Wulan Ramadhani, dengan hati-hati dan penuh penghormatan. Bupati Kasmarni dengan anggun menyerahkan bendera kepada siswi dari SMAN 1 Mandau ini.

Tegangnya suasana menjadi kebanggaan saat Jensen William Lingga, M. Fakhrurozy Irsandy, dan Erianto Andreas Revandi berhasil menarik dan mengibarkan bendera merah putih. Suksesnya momen ini mengubah ketegangan menjadi kelegaan dan rasa syukur, sembari sang saka merah putih berkibar di langit Negeri Junjungan.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, upacara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, dr. Ersan Saputra TH, serta sejumlah pejabat dari Pemkab Bengkalis. Acara juga dihadiri oleh petinggi Forkopimda seperti Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia, Kajari Bengkalis Zainur Arifin Syah, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, dan Ketua Organisasi Kabupaten Bengkalis.

#BENGKALIS #Pemkab Bengkalis

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index