Pimpinan DPRD Riau Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pimpinan DPRD Riau Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto saat hadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Riauaktual.com - Wakil DPRD Provinsi Riau, Hardianto hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Riau, Kamis (1/7/2023).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bertindak sebagai Inspektur upacara mengenakan pakaian adat Melayu berwana hitam.

Upacara ini turut diikuti oleh Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto dan Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau lainnya.

Sebelumnya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila direncanakan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau. Namun lantaran cuaca hujan, maka pelaksanaan upacara tersebut dilaksanakan di Ruang Melati Gedung Kantor Gubernur Riau.

Meski demikian,  hal ini tidak mengurangi semangat kehadiran para peserta upacara dan undangan yang terdiri dari Forkopimda Provinsi Riau, seluruh kepala OPD dan Undangan lainnya.

Dengan dilaksanakannya peringatan Hari Lahir Pancasila ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan nilai pancasila merupakan wujud cinta kepada tanah air, salah satu nilainya yaitu menghargai, bekerjasama dan saling menghormati, serta adanya nilai toleransi dan gotong royong yang membuat makna pancasila menjadi berkah dalam perbedaan di negara tercinta ini.

Gubri Syamsuar menyebut, bahwa menjelang kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei s.d. 1 Juni 1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia.

Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman, demikian sambutan Kepala BPIP RI.

Dilanjutkannya, Pancasila, hingga saat ini tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia.

Sementara Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto menyebutkan, Kemendikbudristek telah melahirkan 24 Episode Merdeka Belajar dan transformasi lainnya. Seluruh upaya tersebut selaras dengan visi Indonesia Maju dan amanat Presiden Republik Indonesia yang mendapatkan mandat dari rakyat melalui proses demokrasi. Banyak terobosan dan capaian yang telah diraih, namun disadari bahwa perjalanan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa masih panjang. Masih banyak ruang-ruang perbaikan yang dibutuhkan untuk memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan dengan sebaik-baiknya.

''Kita adalah penyelenggara negara yang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Mari kita ber-Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global,'' ungkapnya. (Adv DPRD Riau)

 

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index