Pemko Pekanbaru Wajibkan ASN Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Pemko Pekanbaru Wajibkan ASN Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Fabillah Sandy

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kamis (31/5). Walaupun tepat pada tanggal merah, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan hadir.

Upacara ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Fabillah Sandy mengatakan, Pemko Pekanbaru tetap akan melaksanakan upacara dalam rangka hari kesaktian. Upacara akan digelar di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

"Menindaklanjuti edaran dari pusat, melalui Kesbangpol kota Pekanbaru, besok Pemko Pekanbaru melaksanakan upacara dalam rangka hari kesaktian Pancasila di komplek perkantoran Tenayan Raya," kata Fabilah Sandy, Rabu (31/5).

Ia mengatakan untuk surat edaran sudah disampaikan kepada seluruh seluruh OPD. Demikian juga untuk ASN dan THL juga sudah diinformasikan.

"Jadi untuk upacara besok itu diwajibkan untuk seluruh THL dan juga ASN semuanya yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru," tegasnya.

Ia menuturkan, bagi ASN dan juga THL yang tidak ikut upacara akan diberikan sanksi sesuai dengan Perwako yang berlaku. Mereka bakal di absen sesuai dengan OPD masing-masing.

"Yang gak datang tentu kita harapkan pengawasan pertama dari masing-masing OPD kepada jajaran di bawahnya. Kita sudah imbau kepala OPD untuk mengabsensi langsung masing-masing jajarannya dan melaporkan ke BKPSDM Pekanbaru," jelasnya.

"Sebagaimana biasa, di setiap kegiatan baik hari besar provinsi ataupun agenda kota yang memang mengundang seluruh PNS dan THL tentu kita berharap kedisiplinannya untuk mematuhi. Karena jelas regulasinya. Untuk itu kita sampaikan agar besok seluruh THL dan PNS untuk datang dan ikut dalam upacara tersebut," sambungnya.

Ia menambahkan, setelah upacara ASN dan THL dipersilahkan untuk pulang. Karena agenda hanya upacara saja.

"Habis upacara bisa langsung pulang, itu saja agendanya, hanya upacara hari kesaktian Pancasila. Untuk hari Jumat libur," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index