Antisipasi Kekurangan Pangan, Ini Usaha Yang Dilakukan Pemprov Riau

Antisipasi Kekurangan Pangan, Ini Usaha Yang Dilakukan Pemprov Riau
Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto

Riauaktual.com - Guna mengantisipasi kekurangan bahan pangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan beberapa upaya.

Salah satunya melalui instruksi Gubernur Riau (Gubri) yaitu ‘Gerakan Penyedia Pangan Daerah dan Diversifikasi Pangan Lokal’.

Selain itu, dikeluarkan pula kebijakan strategis Pemprov Riau dalam penyediaan pangan daerah melalui surat Gubri nomor : 529/DisPTPH/978 pada 27 April 2020 lalu.

“Yang mengamanahkan kepada pemangku kepentingan untuk melakukan  ekstenfikasi dan intenfikasi dalam rangka peningkatan produktifitas tanaman pangan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto di Hotel Pangeran. Selasa, (30/5/2023) kemarin.

Kemudian adapula ‘Gerakan Riau Bergerak Tanam Padi’ dan ‘Gerakan Riau Bergerak Tanam Buah’ .

Dimana gerakan ini sebagai upaya Pemprov Riau untuk meningkatkan produksi padi di Riau minimal 50 persen pada tahun 2024 dengan target peningkatan produktivitas rata-rata 3,7 ton/hektare menjadi 4,4 ton/haktare.

Selain sebagai langkah menjaga ketahanan pangan, gerakan ini juga bertujuan agar setiap daerah di Riau bisa menanam berbagai komoditi tanaman pangan dan hortikultura dengan cara memanfaatkan lahan tidur milik pribadi (masyarakat) menjadi perkebunan.

“Serta kerja sama antar daerah melalui jejaring distribusi dan pasokan bahan pangan dengan Provinsi tetangga. Ini juga merupakan upaya strategis lainnya yang dilakukan untuk memenuhi ketersediaan pangan di Provinsi Riau,” tutup SF Hariyanto.


 

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index