Pemerintah Salurkan 100 Ribu Paket Bapokting Untuk 155 Desa se Kabupaten Bengkalis

Pemerintah Salurkan 100 Ribu Paket Bapokting Untuk 155 Desa se Kabupaten Bengkalis
Pemerintah Kabupaten Bengkalis Salurkan 100 Ribu Paket Bapokting

Riauaktual.com - Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso dan Kapolres, Dandim serta Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis bertempat di Gedung Daerah Laksamana Raja di Laut Jalan Jendral Sudirman telah melaunching kegiatan pasar murah, Kamis, 16 Maret 2023.

Pasar murah ini dianggarkan setiap tahun oleh pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan biasanya di gelar setiap menjelang Hari Besar Keagamaan.

Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan secara simbolis Paket Sembako Pasar Murah Bersubsidi tahap satu tahun 2023 kepada seluruh Camat di Kabupaten Bengkalis.

Bupati Kasmarni menyebutkan sebagaimana dimaklumi bersama bahwa kondisi perekonomian nasional termasuk kabupaten Bengkalis sedang mengalami pukulan berat dampak dari inflasi yang cukup tinggi sehingga terjadinya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok yang sudah pasti sangat membebani kemampuan keuangan rumah tangga yang menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu atau rumah tangga miskin.

"Menyikapi fenomena tersebut selaku pemerintah daerah tentunya kami sangat harus bertindak dan bergerak cepat guna meringankan beban masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu atau rumah tangga miskin agar mereka bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar dan salah satu upaya yang bisa kita lakukan tentunya dengan pelaksanaan pasar murah," kata Kasmarni.

Penyelenggaraan pasar murah ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok sekaligus sebagai salah satu upaya dalam menstabilkan harga barang kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat.

Bupati secara tegas mengatakan bagi desa diwilayahnya masing-masing agar paket sembako pasar murah bersubsidi yang dilakukan ini benar-benar tepat sasaran.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagperin) Zulpan, S.T menyebutkan tahap pertama tahun 2023 pemerintah kabupaten Bengkalis akan menyalurkan sebanyak 100.000 paket sembako pasar murah kepada masyarakat tidak mampu yang terdampak inflasi di 155 desa dan kelurahan pada 11 kecamatan.

Pasar murah yang disiapkan pemerintah di beli masyarakat sebesar Rp25.000/paketnya. Satu paket berisi beras 5 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 kg.

"Kondisi kita saat ini masih dalam pemulihan pasca pendemi Covid-19 dan masih tinggi inflasi bahan-bahan pokok terutama warga miskin yang terkena imbas kenaikan harga bahan pokok tersebut," kata Zulpan.

Tampak hadir Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santosa, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Kajari Bengkalis.Zainur Arifin Syah, dan Pimpinan Perum Bulog Riau-Kepri Basirun dan Plt Sekda kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra sejumlah Kepala Dinas. (Inf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index