Dinsos Pekanbaru Data 235 KK Alami Kemiskinan Ekstrim

Dinsos Pekanbaru Data 235 KK Alami Kemiskinan Ekstrim

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Sosial mendata ada ratusan Kepala Keluarga (KK) yang mengalami kemiskinan ekstrim. Mereka tersebar di 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru dengan total sebanyak 235 KK.

"Jadi dari hasil verifikasi data kita, ada dua ratus lebih kepala keluarga tergolong kemiskinan esktrim di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus, Kamis (25/4).

Ia menuturkan, data warga miskin yang sudah masuk ke Dinsos Pekanbaru sudah mencapai 90 persen berasal dari 83 kelurahan. Idrus merincikan, bahwa data awal ada 5.880 orang yang tergolong dalam kondisi kemiskinan ekstrim.

Petugas di lapangan pun melakukan verifikasi terhadap data tersebut. Untuk memastikan masyarakat tersebut memang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar.

Kebutuhan dasar ini di antaranya pangan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal hingga akses pendidikan. Hal tersebut membuat warga yang mengalami kondisi kemiskinan ektrim tersebut hidup dalam keprihatinan.

"Kami sudah melakukan verifikasi dengan mengerahkan potensi yang ada untuk mendata masyarakat yang tergolong kemiskinan ekstrim," terang Idrus.

Idrus memastikan tidak banyak masyarakat yang dalam kondisi kemiskinan ekstrim. Namun keberadaan masyarakat dalam kondisi kemiskinan ekstrim tetap menjadi perhatian khusus pemerintah kota.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index